Pemerintahan ›› DPRD Sampaikan Sejumlah Rekomendasi ke Pemkot

DPRD Sampaikan Sejumlah Rekomendasi ke Pemkot


Ambon - Pada masa sidang I tahun 2018, DPRD Kota Ambon mendapatkan banyak temuan baik yang dismapaikan masyarakat maupun secara langsung yang ditemukan oleh setiap komisi. Untuk itu dalam Paripurna pembukaan masa sidang II dan penutupan masa sidang I tahun 2018, temuan-temuan itu disampaikan dalam bentuk rekomendasi kepada pemkot.

Paripurna yang berlangsung di ruang sidang utama Baileo Rakyat Belakang Soya, Senin (14/5) itu dipimpin oleh Ketua DPRD James Maatita, di dampingi dua wakil ketua masing-masing Rustam Latupono, dan Ely Toisutta, sementara pihak ekskutif dihadiri oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup pemkot.

Dalam rekomendasi yang dibacakan Sekertaris F-PG di DPRD Zeth Pormes, tersebut antara lain, minta kepada inspek­-torat untuk melakukan penga­wa­san terhadap beberapa puskes­mas baik yang baru dibangun maupun yang direhab terkait pembangunan fisik, karena tidak sesuai harapan, Disdukcapil diminta untuk meningkatkan pelayanan, Disnaker diminta melakukan koordinasi lintas sektoral dalam rangka sosialisasi dan pelaksanaan pelatihan ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas disiplin dan perlindungan ketenagakerjaan.

“DPRD juga minta Dinas Pariwisata melakukan konsultasi dengan pemprov terkait penyerahan objek wisata ke pemkot, kemudian Disperindag diminta untuk memperhatikan beberapa pasar yang dibangun melalui APBN,” ujar Pormes.

Selanjutnya kata Pormes, DPRD minta Dindik perhatikan sarana dan prasarana UNBK tahun 2019, Badan Pengelola Keuangan dan Aset diminta memperhatikan status kepemilikan tanah kate-kate, BPPRD diminta untuk intens mengelola seluruh wajib pajak dan retribusi, pemkot diminta perhatikan status Plt Dirut PDAM sesuai aturan, serta Dinas perikanan diminta agar segera mengaktifkan penggunaan pabrik es, tempat pelelangan ikan serta membuat stasiun BBM bagi kapal tangkap di PPI Eri.

Kemudian, DPRD juga minta dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan agar dapat melengkapi sarana air bersih dan IPAL pada RPH, serta memproses ganti rugi tanaman warga, Bappekot diminta agar mensinkronisasi perencanaan kegiatan pada masing-masing OPD agar tidak terkesan amburadul serta  Dishub diminta melakukan survey terkait potensi PAD dari parkiran, serta taxi online dan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan diminta menyelesaikan IPAL dan resapan air bersih dari IPST Toisapu.

“Selain itu, Dinas PUPR diminta perhatikan daerah aliran sungai yang perlu dinormalisa­sikan menjelang musim hujan dan memperhatikan jalan Kece-Stain,” pungkasnya.

Sementara itu walikota dalam sambutannya mengatakan, dipertengahan bulan Mei ini merupakan 1 tahun kepemimpinannya Syarif Hadler dan disadari sungguh semua program kerja yang dilaksanakan dalam satu tahun kerja tidak akan terlaksana tanpa adanya dukungan dari pimpinan dan anggota DPRD, sebagai representasi masyarakat.

“Selama satu tahun ada jaringan kerjasama yang baik dari DPRD, setelah melalui proses pembahasan ranperda dan lainnya untuk menunjang proses menuju kota ambon yang harmonis, sejahtera dan religius,” katanya

Ia berharap DPRD terus memberikan dorongan dan pokok-pokok pikiran kepada pemerintah untuk lebih maju kedepan.(S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon