Pemerintahan ›› DPRD Buru Usulkan Pelantikan RAMA

DPRD Buru Usulkan Pelantikan RAMA


Ambon - Usai menggelar rapat paripurna istimewa ten­tang Bupati dan Wakil Bu­pati Buru terpilih, DPRD setempat telah menyam­paikan usulan pelantikan kepada Mendagri melalui Gubernur Maluku.

“Setelah menggelar pari­purna istimewa pada ta­nggal 11 April menyikapi usulan KPU Buru tentang penetapan pasangan Bu­pati dan Wakil Bupati Buru terpilih tahun 2017, DPRD Kabupaten Buru telah me­ngusulkan pelantikannya kepada Mendagri melalui Gubernur Maluku,” jelas ketua DPRD Buru, Iksan Tinggapy kepada Siwa­lima melalui telepon seluler, Rabu (19/4).

Diakuinya, SK usulan pelantikan itu sudah diserahkan kepada Biro Peme­rintahan Setda Maluku. Nan­tinya, akan dilanjutkan kepada Gubernur Maluku, Said Assagaff. “SK usulan pelantikan diserahkan ke Biro Peme­rintahan Setda Malu­ku,” ujarnya.

Tinggapy mengatakan, selanjut­nya gubernur akan berkoordinasi dengan Mendagri terkait penetapan tanggal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Buru. Olehnya itu, Tinggapy berharap proses koordinasi antara Gubernur dan Mendagri bisa ber­jalan lancar terutama untuk proses penetapan waktu pelantikannya.

“Kita berharap prosesnya nanti berjalan lancar sehingga Mendagri bisa menurunkan jadwal pelantikan Bupati Buru begitu juga dengan beberapa daerah lainnya yang me­nyelenggarakan Pilkada,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Kabupaten Buru akhirnya me­netapkan pasangan Ramly Umasugi-Amus Besan sebagai pasangan Bupati -Wakil Bupati terpilih periode 2017-2022.

Rapat pleno terbuka itu berlang­sung di aula kantor Bupati Buru, Kamis (6/4), yang dihadiri oleh pasangan dengan akronim RAMA bersama para pendukungnya.

Penetapan itu tertuang dalam Kepu­tusan Nomor 42/Kpts/KPU. Buru/009.433.691/IV/2017, tanggal 6 April 2017, yang telah menetapkan Ramly Umasugi-Amus Besan seba­gai pasa­ngan calon Bupati-Wakil Bupati Buru Terpilih. Usai membaca­kan keputusan tersebut, Ketua KPU Buru, Munir Soamole lalu membu­buhkan tanda ta­ngan diatas surat tersebut disaksikan seratusan undangan yang hadir.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pe­nyerahan keputusan kepada paslon RAMA. Sedangkan pasangan Bakri Lumbessy-Amrullah Madani Hen­tihu (BARU) tidak hadir dalam rapat pleno tersebut. Pasangan RAMA memper­oleh suara terbanyak saat pilkada lalu se­besar 41.678 suara (58.9 persen) dari total suara sah sebesar 70.694 suara sementara pasangan BARU hanya 29.016 suara (41,1 persen).(S-46)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon