Daerah ›› Distribusi Surat Suara Terkendala Cuaca

Distribusi Surat Suara Terkendala Cuaca


Ambon - Distribusi logistik surat suara untuk pemilu 17 April di Provinsi Maluku mengalami kendala lantaran cuaca buruk. Akibatnya transportasi kapal laut tidak bisa diberangkatkan ke sejumlah daerah di Maluku.

Kasubbag Umum dan Logistik KPU Maluku. Atid Makatita me­ngaku, sesuai jadwal, pihak ekspedisi akan mendistribusikan logistik surat suara DPR RI, DPD RI, Pilpres, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota ke KPU Kota Tual, KPU Maluku Tenggara dan KPU Maluku Tenggara Barat dengan menggunakan KM Irama atau KM Sabuk, Kamis (14/3) namun harus ditunda lantaran kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

“Hari ini pihak ekspedisi berencana akan mendistribusikan logistik surat suara ke Kota Tual, Malra dan MTB, namun ditunda karena ada peringatan pihak berwenang mengingat kondisi cuaca, padahal surat suaranya sudah ada di atas kapal,”kata Makatita kepada Siwalima melalui telepon seluler, Kamis (14/3).

Untuk Kota Ambon, Kabupaten SBB, Malteng, dan SBT, logistik surat suara DPR RI, Pilpres, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten dan kota sudah didistribusi­kan. Sedangkan untuk Kabupaten Kep Aru belum didistribusikan karena masih menunggu jadwal transportasi laut.

“Untuk kabupaten MBD itu hanya tinggal distribusi surat suara DPD RI dan Pilpres, karena surat suara DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota sudah didistribusikan beberapa hari lalu, sedangkan untuk Kepulauan Aru itu semua surat suara masih ada di Pelabuhan Yos Sudarso dan belum didistribusikan, karena sampai saat ini pihak ekspedisi masih menunggu jadwal kapal laut,” tutur Makatita.

Ditanya soal kedepan jika kondisi cuaca masih tetap ekstrim, langkah apa yang akan diambil penyelenggara, Makatita mengatakan semuanya menjadi tanggung jawab ekspedisi.

“Itu menjadi tanggung jawab pihak ekspedisi, KPU hanya menerima logistik saja, namun kita akan lihat kedepan,” ujarnya.

Menurutnya, untuk logistik pemilu hampir semuanya sudah tersalurkan ke KPU kabupatan dan kota di Maluku, misalnya seperti kotak suara, bilik suara, tinta, sampul dan segel. Sedangkan logistik surat undangan atau formulir model C dan C1 belum distribusikan ke KPU kabupaten dan Kota.

“Untuk formulir itu sudah dicetak, nanti tinggal tunggu didistribusikan langsung ke KPU kabupaten dan kota, karena sudah ada pelelangan distribusi formulir ke KPU kabupaten dan kota,” pungkas Makatita.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Maluku Divisi Penyelesaian Sengketa Astuty Usman mengatakan, saat ini Bawaslu terus melakukan pengawasan bersama dengan Pelni (Persero) Cabang Ambon untuk distribusi logistik surat suara.

Jika beberapa hari kedepan, distri­busi logistik masih terkendala cuaca, maka bisa saja pendistribusian akan dilakukan menggunakan pesawat udara. “Kita berharap kedepan proses distribusi berjalan lancar,” pungkas Astuty

Tiga Kontainer Masuk

Sebelumnya, sebanyak tiga kontainer yang berisikan surat suara tambahan untuk Pemilu 17 April tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Selasa (12/3) malam, sekitar pukul 21.00 WIT. Tiga kontainer berisikan surat suara DPD RI dan Pilpres tersebut diangkut menggunakan KM Selat Mas dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Komisioner Bawaslu Maluku Divisi Pengawasan, Kehumasan dan Hubung­an Antar Lembaga Paulus Titaley mengatakan, setelah logistik surat suara tiba di pelabuhan, selanjutnya dilakukan pembongkaran untuk dikirim ke Kota Ambon, Kabupaten SBB, SBT, Malteng dan Buru Selatan, serta Buru. Proses pembongkaran dan pendisitri­busian logistik surat suara dikawal ketat aparat kepolisian dan juga pihak Bawaslu.

Tujuh Kontainer

Tujuh kontainer logistik surat suara untuk Pemilu sebelumnya tiba dengan menggunakan KM Strait Mas di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Sabtu (9/3) malam sekitar  pukul 09.00 WIT.

Tujuh kontainer yang berisikan surat suara untuk Pemilu  2019  tersebut dikemas dalam 3.817 koli (dos) tersebut dikirim dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan mulai dibongkar, Minggu (10/3) pukul 11.00 WIT.

Ketua KPU Maluku Syamsul Ri­fan Kubangun mengatakan, proses pengiriman sampai pembongkaran surat suara di Pelabuhan Yos Sudarso dikawal ketat oleh aparat keamanan.

Setelah surat suara dibongkar, logistik surat suara nantinya akan diditribusikan ke kabupaten dan kota lainnya selain Kota Ambon.

“Setelah dibongkar, langsung dikirim ke daerah yang paling dekat yakni, Kota Ambon, dan kalau tidak ada halangan hari ini didistribusikan ke Kabupaten SBB dan Malteng, sisanya nanti dikondisikan tergantung cuaca,” jelas Kubangun saat dihubungi Siwa­lima melalui telepon seluler, Minggu (10/3).

Untuk Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, Maluku Barat Daya, Kapulauan Aru, Maluku Tenggara Barat direncanakan diberangkatkan dengan KM Irama pada Selasa (12/3).

Dikatakan, surat suara yang tiba itu untuk Pileg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten dan kota dengan jumlah 3.921.093 surat suara. (S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon