Daerah ›› Dishub Didesak Cari Pengganti KM Pangaragno

Dishub Didesak Cari Pengganti KM Pangaragno


Ambon - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku didesak untuk segera menyediakan kapal pengganti sementara KM Pangrango yang segera menjalani dok.

"KM Pangrango akan memasuki masa dok pada bulan Oktober ini sehingga Dishub Maluku harus segera menyediakan kapal pengganti sementara sehingga tidak menyusahkan masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)", tandas Ketua Kesatuan Mahasiswa Kecamatan Moa Lakor, Rudy Dolhalewan kepada Siwalima di Ambon, Sabtu (2/10).

Menurutnya, mobilitas pengguna sarana transportasi masyarakat sangat tinggi, tetapi sarana yang tersedia sangat minim, sehingga harus ada perhatian serius Dishub Maluku dalam menanggulangi kebutuhan masyarakat tersebut.

"Apalagi sekarang ini mobilitas kita ke Saumlaki, Kisar, Kupang dan sebagainya itu agak susah sehingga Dishub Maluku harus mencermati kondisi ini sehingga tak menjadi kendala bagi masyarakat terus menerus", ungkapnya.

Diakuinya, kendati KM Pangrango telah dioperasikan oleh PT. Pelni untuk membantu kebutuhan masyarakat, tetapi hingga kini kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi laut belum dapat terpenuhi secara maksimal.

"Sejak KM Pangarano itu dikontrak oleh PT. Pelni untuk melayani rute trans Maluku ternyata masih sering rusak, padahal ada subsidi anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Beanja Negara (APBN) untuk Maluku setiap tahunnya guna menjawab berbagai kebutuhan masyarakat akan kebutuhan sarana transportasi laut tersebut", jelasnya. (S-35)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon