Daerah ›› Disdukcapil Terima 10 Ribu Blangko E-KTP

Disdukcapil Terima 10 Ribu Blangko E-KTP


Ambon - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon saat ini telah menerima blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang dikirim dari Kemendagri sebanyak 10 ribu lembar.

Jumlah yang dikrim pempus ini masih sangat kurang, sebab secara keseluruhan warga di Kota Ambon yang belum memiliki e-KTP sebanyak 45 ribu orang lebih. 

“Kita memang minta blangkonya banyak ke pempus, tapi disang­gupi hanya 10 ribu lembar,” ungkap Plt Kadis Dukcapil Kota Ambon, Melisa Haurissa kepada Siwalima di Balai Kota, Kamis (20/4).

Menurutnya, segala pengurusan di Kota Ambon saat ini semua warga wajib menggunakan e-KTP, namun sejauh ini banyak warga yang belum memilikinya. Namun dengan adanya blangko yang dikirim pempus ini walaupun hanya 10 ribu lembar ia memastikan tidak akan memenuhi kebutuhan masyarakat secara keseluruhan. “Sekitar 45 ribu lebih warga wajib KTP yang sangat membutuhkan e-KTP dan dengan 10 ribu blangko maka jelas pemkot tidak bisa berbuat banyak,” ujarnya.

Untuk proses pelayanan pada Disdukcapil, kata Haurissa, saat ini sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

“Bagi masyarakat yang hendak melakukan pengurusan berkas-berkas kependudukan seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK) hingga pengurusan lainnya sudah dapat menggunakan sistem online,” ujar Haurissa.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Catatan Sipil terus berupaya tingkatkan pelayanan. Sekarang kita sudah pakai sistem online, sehingga lebih mempermudah masyarakat dalam berurusan serta menghindari pungli,” tandas Kepala Disdukcapil Kota Ambon, Marsella Haurissa. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon