Pendidikan ›› Dindik Masih Susun Analisa Kebutuhan Sarana Pendidikan Penyebaran Guru Belum Merata

Dindik Masih Susun Analisa Kebutuhan Sarana Pendidikan


Ambon - Usulan DPRD Kota Ambon agar ada pemerataan guru serta perbai­kan sarana dan prasarana pendi­dikan ditangapi serius pemerintah. Bahkan saat ini Dinas Pendidikan (Dindik) sementara menyusun ana­lisa kebutuhan sarana pendidikan maupun tenaga guru.

Plt Kadis Pendidikan Kota Ambon Romeo Soplanit mengaku, usulan DPRD ini sama dengan keinginan pemkot agar semua sarana pendidi­kan yang ada di kota ini harus layak untuk mendidik anak bangsa, sehi­ngga saat ini tim bentukan Dindik sementara menyusun analisa ke­butuhan dinas.

“Jadi kita akan lihat mana sekolah yang butuhkan penambahan guru atau perlu perbaikan sarana prasa­rana ini yang harus dianalisa terlebih dulu,” ungkap Soplanit kepada Siwa­lima di Ambon, Selasa (19/9).

Menurutnya, tim ini akan kaji semua kebutuhan baru dianalisa se­hingga selain sarana dan prasarana terpenuhi juga kebutuhan lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi II Kota Ambon, Lucky Nikijuluw mengaku sampai dengan saat ini penyebaran guru, baik itu pada jenjang SD maupun SMP belumlah merata.

Untuk itu, pihaknya mendesak Dinas Pendidikan (Dindik) untuk dapat melakukan pemerataan, meng­ingat masih banyak sekolah yang kekurangan tenaga guru mata pela­jaran tertentu sehingga terpaksa ada mata pelajaran yang diberikan ke­pada murid oleh guru yang bukan memiliki spesifiksi ilmu pada mata pelajaran tersebut.

“Dindik harus indentifiaksi ber­ba­gai kekurangan guru yang ada di se­tiap sekolah agar guru disetiap sekolah sesuai dengan kebutuhan,” pinta Nikijuluw kepada Siwalima  di Baileo Rakyat Belakang Soya, Senin (21/8).

Ia mengaku, komisi sudah ber­ulang kali melakukan rapat bersama pihak Dindik untuk membicarakan masalah ini, mengingat pemerataan guru merupakan permasalahan yang harus ditangani oleh dinas, karena ini penting demi meningkatkan kua­litas pendidikan yang ada di kota ini.

Pasalnya berdasarkan temuan komisi, ada beberapa sekolah yang memiliki jumlah guru jauh dari harapan, bahkan ada satu guru yang harus mengajar tiga sampai empat mata pelajaran pada satu sekolah. Jika ini dibiarkan dapat mengaki­batkan penurunan kualitas pendidi­kan di kota ini.(S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon