Pendidikan ›› Dindik Ijinkan 50 Siswa SMP Ikut UN Susulan

Dindik Ijinkan 50 Siswa SMP Ikut UN Susulan


Ambon - Dipastikan sebanyak 50 siswa SMP/MTs yang akan mengikuti Ujian Nasional susulan yang akan dipusatkan di Kantor Dinas Pendidikan Kota Ambon pada 22-23 Mei.

Puluhan siswa ini mengikuti ujian ulang baik itu Ujian Nasional Berbasis Komputer maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) lantaran mereka dinyatakan sakit.

Ada siswa yang masuk di hari pertama ujian namun hari selanjutnya sakit, adapula yang tidak masuk selama ujian berlangsung. Total semuanya itu ada 50 siswa,” ungkap Kadis Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama kepada Siwalima di ruang kerjanya, Rabu (17/5).

Menurutnya, puluhan siswa yang akan ikut ujian susulan ini hampir berada pada semua SMP di Kota Ambon. Namun siswa terbanyak ada pada SMP terbuka sebanyak 8 orang, SMPN 1 terdapat 3 orang, SMPN 10 juga 3 orang, sementara untuk MTs terbanyak pada pada Al-Wathan 5 orang, Al-hijrah 4 orang dan SMP lainnya itu hanya terdapat 1-2 siswa saja.

Memang cukup banyak siswa yang sakit saat pelaksanaan UN berlangsung dan itu merupakan satu hal yang lumrah terjadi, karena disebabkan kesehatan mereka terganggu akibat sakit.

“Kita akan pusatkan UN susulan ini di dinas untuk me­-mudahkan proses penga­wasan ujian berlangsung baik itu UNBK maupun UNKP. Pembe-ritahuannya kita sudah sampai-kan ke masing-masing sekolah untuk persiapkan siswa mereka ikut ujian susulan,” ujarnya.

Dijelaskan, pada saat ujian berlangsung nanti, para guru juga diminta untuk mendampingi siswa mereka namun itu hanya diperbolehkan dari luar ruangan. Hal ini dikarenakan pihaknya ingin ujian susulan ini berlangsung sesuai mekanisme.

“Kita ingin ujian berlangsung sesuai mekanisme dan para siswa yang ikut ujian susulan ini tetap akan diperlakukan sama ketika UNBK/UNKP berlangsung,” tandasnya.

Ia menegaskan, semua siswa yang ikut ujian susulan ini tidak akan dibantu sebab mereka harus berusaha sendiri untuk bisa menyelesaikan soal-soal ujian tersebut.

“Kita berharap siswa yang sakit sudah persiapkan diri dengan baik, karena ujian susulan ini berlangsung sama dengan UNBK/UNKP yakni dengan pengawasan ketat,” cetusnya. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon