Pendidikan ›› Dikbud Masih Manfaatkan MKKS Belum Miliki UPTD

Dikbud Masih Manfaatkan MKKS


Ambon - Berdasarkan perubahan nomenklatur maka, pendidikan menengah, kini telah dialihkan ke Pemprov Maluku, dengan demikian seluruh SMA/SMK saat ini telah menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku.

Untuk melancarkan tugas pendidikan menengah di masing-masing kabupaten/kota, maka diharuskan adanya cabang dinas atau Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), namun belum miliki UPTD maka, Dikbud masih manfaatkan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di setiap kabupaten/kota untuk mewakili pendidikan menengah yang ada di daerah mereka masing-masing.

“Sejak 1 Januari 2017 hingga saat ini kita masih manfaatkan Ketua MKKS di kabupaten/kota untuk wakili pendidikan menengah yang ada di daerah mereka masing-masing,” ungkap Kabid Pendidikan Menengah pada Dikbud Maluku Nus Kesaulija kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (6/5).

Dijelaskan, tugas MKKS untuk membantu melancarkan tugas-tugas administrasi dan  koordinasi di kabupaten/kota, hal ini dikarenakan Dikbud Maluku belum mempunyai UPTD. Jika sudah dibentuk cabang dinas atau UPTD maka, ada tugas khusus yang akan dilaksanakan oleh seorang kepala UPTD, termasuk membantu Dikbud Maluku melakukan tugas administrasi dan koordinasi di kabupaten/kota.

Sementara itu, terkait dengan mutu pendidikan menengah di Maluku yang masih rendah, kata dia, Dikbud juga akan melengkapi tenaga guru, sarana dan prasarana, serta  secara intens melakukan pengawasan yang dilakukan oleh para pengawas.

“Pengawas sudah mempunyai buku panduan atau referensi, merek, akan bantu untuk sinergikan tugas antara pegawasan, guru dan sekolah, guna mendongkrak mutu pendidikan di daerah ini,” tuturnya.(S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon