Politik ›› Data PPK Gorom Belum Diterima, Pleno DPS SBT Tertunda

Data PPK Gorom Belum Diterima, Pleno DPS SBT Tertunda


 

Ambon - Rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kabupaten SBT oleh KPU setempat akhirnya tertunda. Hal ini disebabkan PPK Gorom belum juga memasukan data hasil pemutahiran pemilih.

“KPU SBT telah melaksa­na­kan rekapitulasi data pemi­lih dari 14 PPK yang ada sejak Selasa (1/9) hingga Rabu ke­marin. Namun karena belum ada data dari PPK Gorom maka, saya kemudian men­skors proses rekapitulasi hi­ngga nanti kami memperoleh data dari PPK Gorom,” ung­kap Ketua KPU SBT, Kisman Ki­lian kepada Siwalima mela­lui telepon seluernya, Kamis (3/9).

Ketua PPK Gorom sendiri bah­kan menurut Kilian hing­ga sekarang belum bisa di­konfirmasi lantaran terkendala sinyal telepon seluler. Untuk itu, KPU SBT sendiri telah berinisiatif untuk berangkat ke Gorom Kamis (3/9) untuk mengambil hasil rekapitulasi data di Kabupaten Gorom.

“Data dari masing-masing PPK yang jelas ada peruba­han dari data pemilih pileg tahun lalu. Namun hasil DPS akan kami plenokan setelah mendapat hasil rekapitulasi PPK Gorom,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pan­waslu MBD, Christian Tula­poor kepada Siwalima mela­lui telepon seluernya, Kamis (3/9) mengaku pihak­nya telah melaksanakan kegiatan reka­pitulasi data pemilih yang disampaikan oleh 9 PPK, Rabu (2/9). “KPU telah melak­sanakan rekapitulasi data dari 9 PPK dan dihadiri Ketua dan Ko­misioner KPU MBD, Pan­waslu serta tim pemenangan dari 3 pasangan calkada di MBD. Sedangkan rekapitulasi untuk 8 kecamatan lainnya akan disusulkan ketika PPK tiba untuk selanjutnya dilaku­kan pleno penetapan DPS di Kabu­paten MBD,” ungkapnya.

Tulapoor merincikan PPK yang telah melaporkan reka­pitulasi data pemilih yaitu Kecamatan pulau-pulau Babar memiliki 9 desa, 15 TPS dan jumlah pemilih 3.746 jiwa, Kecamatan Leti memilki 7 desa dan 13 TPS, jumlah pemilihnya sebanyak 4.869 jiwa, Keca­matan Wetang memiliki 8 desa dan 8 TPS serta jumlah pemilih 1.146 jiwa.

Selain itu, di Kecamatan pulau-pulau terselatan terda­pat 6.371 jiwa pemilih yang tersebar di 6 desa dan 21 TPS, Kecamatan Lakor memiliki 5 desa dan 7 TPS serta jumlah pemilih 1.396 jiwa. Kemudian Babar Timur, yang memiliki 11 desa  dan 12 TPS dengan jumlah pemilih 3.599 jiwa.

Di Kecamatan Kisar Utara, dilaporkan jumlah pemilih 1.721 jiwa yang tersebar di 5 TPS dan 3 desa. Kecamatan Wetar Utara, memiliki 6 desa dengan 6 TPS dan jumlah pemilih mencapai 1.416 jiwa. PPK Moa memilih jumlah total pemilih 7.671  jiwa yang tersebar di 7 desa dan 17 TPS.

Sebelumnya, KPU Kabu­paten Bursel, telah menetap­kan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Tercatat sebanyak 49.687 pemilih masuk dalam daf­tar tersebut. Angka itu berada dibawah DPT pilpres yang mencapai 49.849.(S-42)

 



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon