Kesra ›› CT- Scan RSUD Haulussy tak Layak Digunakan

CT- Scan RSUD Haulussy tak Layak Digunakan


 

Ambon - Peralatan kesehatan yang dimiliki RSUD dr M Haulussy Kudamati saat ini dapat dikatakan cukup memadai, hanya saja salah satu alat kesehatan yakni CT-Scan, saat ini sudah tidak layak lagi untuk digunakan karena mengalami kerusakan.

Alat CT-Scan milik RSUD Hau­lussy ini, adalah pemberian hibah dari salah satu rumah sakit di Jakarta yang dihibahkan pada lima tahun lalu.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama RSUD dr. M. Haulussy Ambon, Justini Pawa kepada Siwalima usai mengikuti pertemuan dengan Komite III DPD RI bersama dengan Pemda Provinsi Maluku, di Kantor Gubernur, Selasa (1/9).

Menurutnya, saat ini pihak RSUD memberikan proposal untuk minta alat kesehatan CT-Scan, pemerintah memberikan hibah hanya satu alat kesehatan saja, dan berdasarkan jangka waktu suatu alat kesehatan, seharusnya, CT-Scan yang selama  ini ada di RSUD dr. M. Haulussy sudah tidak dapat lagi dipro­duksikan.

“Kita hanya dihibahkan satu saja alat CT-Scan. Namanya saja alat yang dihibahkan berarti bekas, dan sudah lima tahun massanya, sudah tidak bisa lagi digunakan,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, menurutnya, RSUD dr. M. Haulussy membu­tuhkan alat kesehatan CT-Scan dengan teknologi terbaru, karena CT-Scan yang selama ini ada di rumah sakit tersebut merupakan alat kesehatan dengan satu dimensi saja.

“Alatnya sudah tidak bisa lagi digunakan. Kita juga memerlukan alat yang baru dengan teknologi sekarang. Hal ini diperlukan, agar masyarakat tidak perlu lagi keluar daerah untuk melakukan CT-Scan,” ujarnya.

Manajemen RSUD dr. M. Haulussy kata Pawa, akan berupaya untuk mendapatkan lagi alat kese­hatan CT-Scan yang baru. Walaupun dalam bentuk hibah, namun sangatlah diperlukan, walaupun alat tersebut, merupakan alat yang dihibahkan tidak menjadi masalah, asalkan, alat tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi yang sekarang ini.

Di tempat yang sama Ketua Tim Komite III DPD RI, Hardi Selamat Hood, kepada wartawan mengata­kan, melalui kunjungan ini maka pihkanya akan memperjuangkan agar RSUD dr. M. Haulussy Ambon, diberikan alat CT-SCAN yang baru.

“Kita akan upayakan agar RSUD bisa dapat bantuan alat kesehatan CT-Scan, walaupun hanya dalam bentuk hibah, karena harga untuk alat ini mencapai Rp 1 milyar,” janjinya.

Bukan hanya itu, tambah dia, Komitte III juga akan menanyakan masalah alat kesehatan yang dihibahkan. Hal ini dikarenakan, jika benar suatu alat kesehatan yang dihibahkan, haruslah dapat diguna­kan dalam jangka waktu relatif panjang.(S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon