Kesra ›› Bulan Ini, Maluku Siap Lakukan Ekspor Langsung

Bulan Ini, Maluku Siap Lakukan Ekspor Langsung


Ambon - General Manager PT Pelindo IV Cabang Ambon, Farid Padang kepada wartawan usai melakukan persemian Terminal Tulehu, Kecamatan Salahutu Kabupaten Malteng, Selasa (1/8) memastikan pada bulan Agustus ini, Provinsi Maluku siap melakukan eskpor langsung ke luar negeri.

“Rencana untuk ekspor langsung, memang kita sudah bicarakan dengan pemerintah Maluku sehingga dipastikan dalam bulan Agustus ini kita akan lakukan ekspor perdana dari Maluku,” ungkap Padang.

Ia mengakui, ekspor langsung tersebut sudah dibahas dan seluruh persiapan sudah disiapkan sejak lima bulan yang lalu.

Dirinya menjelaskan, selama ini pengangkutan barang yang berasal dari Maluku tidak mengatas namakan Maluku sebab pelabuhan yang menjadi tujuan ekspor Maluku yakni Jakarta dan Surabaya sehingga ketika sampai ketempat tujuan tidak lagi dikenal sebagai ekspor dari daerah tersebut.

Dengan adanya seperti itu, katanya berapa banyak barang yang diangkut tidak memberikan kontribusi PAD bagi Provinsi Maluku.

“Selama ini yang kita ketahui adalah pengangkutan barang domestik yang ahli statusnya di Surabaya dan Jakarta, sehingga tidak ada kontribusi ke Maluku,”ujarnya.

Padang mengatakan, saat ini pihaknya bersama pemerintah Provinsi Maluku berusaha untuk  bagimana Maluku bisa melakukan ekspor langsung keluar atau melakukan take off di Makassar, namun barang yang akan diekspor tetap berdasarkan ijin dari pelabuhan Yos Sudarso.

Terkait dengan kesiapan pelabuhan, ia mengakui bahwa seluruh kesiapan pelabuhan sudah disiapkan mulai dari kesiapan pabean, sucofindo, dan ekspotir.

“Untuk kesiapan area pabean sudah kami siapkan, sedangkan sucofindo sebagai sertifikasi sudah siap, dan eksportir juga sudah siap untuk barang-barang yang akan diekspor pun sudah siap, bahkan kami sudah menyiapkan berbagai hal agar barang-barang yang diekspor dapat bertahan lama,”katanya.

Ketika disinggung terkait dengan jadwal kapal, ia juga mengakui bahwa jadwal kapal untuk melakukan ekspor di Maluku sudah ada yakni dari Australia  menuju ke Cina.

Pada kesempatan itu, Padang juga mengatakan, berdasarkan kegiatan misi dagang yang dilakukan Pemprov Sulsel yang menyatakan untuk melakukan kerja sama dengan Maluku guna melakukan ekspor.

“Untuk mensukseskan ekspor langsung kami juga telah melakukan kerja sama dengan pihak pemrov Sulsel, yakni dari Maluku bisa saja langsung ke luar negeri namun juga bisa take off ke pelabuhan Makassar berdasarkan kerja sama kita,”ujarnya. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon