Daerah ›› BPOM: Hati-hati Gunakan Kantong Plastik Kresek

BPOM: Hati-hati Gunakan Kantong Plastik Kresek


Ambon - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon, menghimbau kepada masyarakat Kota Ambon untuk berhati-hati dalam menggunakan kantong plastik kresek.

Kantong plastik kresek berasal dari plastik daur ulang yang umumnya berasal dari limbah wadah bekas produk pangan, bahan kimia, pestisida, kotoran hewan atau manusia.

“Jadi  sehubungan dengan masih maraknya penggunaan kantong kresek untuk wadah pangan, maka kami menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati gunakan kantong kresek. Sebab sebagian besar kantong plastik kresek merupakan hasil daur ulang plastik, terutama kantong plastik kresek berwarna hitam,” kata Kepala BPOM Ambon, Hariani kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (12/8).

Dijelaskan, kantong plastik kresek berasal dari plastik daur ulang yang umumnya berasal dari limbah wadah bekas produk pangan, bahan kimia, pestisida, kotoran hewan atau manusia, dan lain-lain.

Dalam proses pembuatan juga menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. “Dihimbau untuk tidak menggunakan kantong plastik kresek daur ulang untuk mewadahi langsung berbagai jenis bahan baku pangan misalnya daging, ikan, dan lain-lain, serta berbagai jenis makanan siap santap,”ujarnya.

Ia pun merincikan jenis kantong plastik kresek daur ulang yakni, Plastik Polyethylene Terephthalate berwarna transparan (bening) atau tembus pandang. Plastik jenis ini biasanya dapat didaur ulang menjadi perabot rumah tangga, karpet dan life jacket, Plastik High-Density Polyethylene biasanya di daur ulang menjadi tali, pipa dan mainan.

Ada pun jenis bahan plastik yang relatif aman digunakan untuk makanan, yakni polyethylene terepthalate (PET), high density polyethylene (HDPE), low density polyethylene (LDPE), dan polypropylene (PP) dan yang mencantumkan logo tara pangan berupa simbol berbentuk gelas dan garpu serta memperhatikan petunjuk penggunaan dari produsen.

“Bagaimana kita mengetahui bahwa wadah atau kemasan yang kita gunakan untuk makanan itu aman atau tidak untuk menyimpan makanan?. Salah satu cara mudah untuk mengenali bahwa produk tersebut aman untuk makanan ialah dengan mengecek apakah produk tersebut memiliki tanda aman untuk pangan, atau biasa disebut food safe atau food grade. Ada lambang-lambang yang mewakili tanda bahwa plastik tersebut aman untuk berkontak dengan material, contohnya lambang dari Eropa, berupa siluet gelas dan garpu, atau tulisan food grade, atau tulisan approved by FDA, atau merupakan merek dagang yang sudah dipatenkan, ada lambang TM (Trade Mark) atau R (Registered),”jelas Hariani.

Tak hanya masyarakat, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang untuk tidak menggunakan kantong plastik kresek yang sudah didaur ulang karena dapat menggangu kesehatan.

“Kita sudah ingatkan kepada para pedagang, terutama makanan siap saji dan pedagang daging untuk hati-hati gunakan kantong plastik kresek,”ujarnya. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon