Daerah ›› BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang

BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang


Ambon - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) me­ngingatkan masyarakat di Kabupaten SBB, Kabu­paten SBT, Kabupaten Buru, Kabupaten Malteng, Kabupaten MTB dan MBD mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang dan petir, Kamis (6/12)-hingga Minggu (9/12).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Patti­mura Ambon, Ashar menga­takan, wilayah yang berpo­tensi terjadi hujan dengan in­tensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir yakni Kabupaten Mal­teng, MTB dan Kabupaten MBD.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat di­sertai angin kencang dengan petir yakni Kabupaten SBB, Kabu­paten SBT, dan Kabu­paten Buru. Berdasarkan ana­lisis angin gradien menunju­kan ada­nya daerah-daerah belokan angin di sekitar pulau Buru, SBB, Kepulauan Kai dan Kepu­lauan Aru yang me­ngindikasi adanya peluang pembentukan dan pertumbu­han awan-awan hujan di daerah tersebut.

“Secara umum anomali suhu muka laut yang terjadi satu minggu terakhir menun­jukan kondisi cukup hangat di laut Banda. Ini mengindi­kasi adanya tambahan uap air di sekitar wilayah tersebut,” ujar Ashar dalam rilis yang diterima Siwalima, Kamis (6/12).

Oleh karena itu, massa udara basah lapisan rendah terkon­sentrasi di sebagian besar wi­layah Indonesia ter­masuk Ma­luku. Sementara untuk pulau Ambon, BMKG mempredik­sikan  cuaca cerah berawan hi­ngga terjadi hujan lokal.

“Perkiraan kelembaban udara lapisan atas wilayah Pulau Am­bon tiga hari kedepan menun­jukan nilai kelembaban yang cenderung kering yaitu 40 persen sampai dengan 60 persen,” katanya.

BMKG menghimbau kepada masyarakat Maluku untuk waspadai potensi hujan se­dang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang sesaat yang dapat menyebabkan terjadi­nya ge­nangan air, pohon tumbang maupun patahnya dahan. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon