Visi ›› Blok Masela

Blok Masela


Masyarakat Maluku sampai dengan saat ini masih menunggu keputusan Presiden RI Joko Widodo, untuk menetapkan apakah pengolahan kilang gas pada Blok Masela akan di lakukan di darat ataukah di laut.

Masyarakat ada dalam sebuah ketidakpastian kapankah orang nomor satu di Indonesia itu akan memutuskan nasib Blok Masela. Tetapi yang pasti, seluruh elemen masyarakat Maluku termasuk DPRD Maluku terus mendorong pengolahannya di darat.

Sangat rasional pemahaman sejumlah elemen masyarakat yang mengharapkan proses pengolahan gas abadi Blok Masela itu didarat, karena secara langsung dapat memberikan dampak postif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat Maluku. Apalagi tingkat kemiskinan di Maluku masih berada pada urutan ke empat termiskin di Indonesia.

Ironis memang, Maluku yang kaya sumber daya alam, tetapi justru masih miskin, kemiskinan itulah yang terus mendorong eksekutif maupun legislatif bekerja keras menekan angka kemiskinan tersebut, termasuk mengharapkan pengelolaan kilang gas pada Blok Masela dapat mensejahterakan masyarakat.

Kendati Pemerintah Provinsi Maluku menyerahkan sepenuhnya keputusan pengelolaan gas abadi Blok Masela itu ditangan Presiden, tetapi masyarakat Maluku mengharapkan, Pemerintah Pusat akan mendengarkan aspirasi rakyat. Yang pastinya pengelolaan tersebut haruslah memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan rakyat.

Menteri ESDM Sudirman Said berjanji pengelolaan blok tersebut tetap akan sejahterakan rakyat setempat.

Pernyataan menteri memberikan angin segar bagi masyarakat Maluku untuk tidak perlu takut dan khawatir, karena Presiden akan memutuskan yang terbaik bagi masyarakat Maluku.

Kekhawatiran masyarakat Maluku merupakan hal yang wajar, karena jika sampai proses pengelolaan kilang gas abdi Blok Masela di lakukan di laut, yang secara teknis kurang memberikan manfaat akibat sulitnya pengawasan secara ketat dilakukan, tetapi juga sangat berdekatan dengan negara-negara tetangga.

Harus diakui ada keuntungan dan kerugian pengelolaan gas minyak Blok Masela di darat dan di laut . Walaupun demikian, masyarakat Maluku sangat percaya Presiden Joko Widodo akan memutuskan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat, karena aspirasi masyarakat yang telah disampaikan ke Presiden melalui Gubernur Maluku pasti akan dipertimbangkan dengan matang. Kepentingan masyarakat haruslah menjadi sebuah prioritas utama.  (*)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon