Politik ›› Besok, PDIP Umumkan Hasil Verifikasi

Besok, PDIP Umumkan Hasil Verifikasi


Ambon - DPC PDIP Kota Ambon telah menyelesaikan proses verifikasi berkas pencalonan balon walikota dan wakil walikota. Namun hasilnya baru akan diumumkan Selasa (29/3) besok.

Balon yang resmi mendaftar di PDIP yaitu Paulus ‘Poly’ Kastanya, Brury Nanulaita, John Jokohael dan Richard Louhenapessy, sedangkan untuk wakil walikota yaitu Sam Latuconsina, Sam Hatapayo, M Tadi Salampessy, Ridwan Rahman Ma­rasabessy, Rizal Sangadji dan Zahrudin Latuconsina. 

Ketua Tim Penjaringan Calkada PDIP Kota Ambon, Costantinus Karesina mengaku setelah menerima berkas pendaftaran para balon, pihaknya telah melakukan verifikasi terhadap berkas-berkas yang dise­rahkan.

“Kita telah melakukan verifikasi terhadap berkas-berkas yang dise­rahkan. Prosesnya belum selesai. Ke­mungkinan tuntas Senin (28/3) dan selanjutnya diumumkan besok­nya,” ungkap Karesina kepada Siwa­lima di Ambon, Minggu (27/3).

Dijelaskan, pihaknya melakukan verifikasi berkas yang diserahkan para calkada secara detail sehingga tak bisa secepatnya diumumkan. “Selain itu, kita juga diphadapkan dengan beberapa hari libur karena hari-hari besar keagamanan, sehi­ngga proses verifikasi terhambat dalam penuntasannya,” jelasnya.

Karesina menambahkan, nantinya setelah hasil verifikasi diumumkan, maka pentahapan selanjutnya yaitu survei internal PDIP. “Survei ini akan dilakukan di tingkat PAC mulai 1 April mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PAC Baguala John Siwalette ketika dikonfirmasi Siwalima, Sabtu (26/3) mengaku sekarang ini memang sedang dalam proses verifikasi berkas balon.

“Semua balon memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi dari PDIP sehingga kita masih menunggu hasil survei internal yang akan dilakukan mulai 1 April mendatang,” ungkapnya.

Menurutnya memang ada balon yang menguat namun dirinya enggan untuk menyebutkan karena memang mekanismenya seperti itu.

“Jadi kita tunggu saja hasilnya seperti apa namun prinsipnya PDIP menang harus menang sehingga balon yang akan diusulkan nantinya itu benar-benar sesuai dengan keinginan masyarakat Kota Ambon,” ungkapnya.

Diakuinya memang ada balon yang sudah menguat di publik tetapi tidak bisa diputuskan selain melalui survei maupun juga fit and proper test.

“Publik diminta bersabar karena proses ini sementara berjalan dan membutuhkan waktu yang cukup untuk melakukan pengkajian agar balon yang diusulkan itu benar-benar bisa memangkan pilkada kota Ambon tahun 2017,” ujar Siwalette. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon