Pendidikan ›› Besok, Kemendikbud Serahkan Hasil UN

Besok, Kemendikbud Serahkan Hasil UN


Ambon - Dipastikan, besok, Selasa (1/5) Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyerahkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNBK/UNKP) kepada seluruh perwakilan daerah di Jakarta termasuk Maluku.

Setelah diterima pada Selasa (1/5), se­lanjutnya perwakilan yang menerima hasil UN tersebut akan tiba di Ambon pada Se­lasa (2/5), kemudian baru hasil tersebut akan diserahkan ke masing-masing Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pendidikan di masing-masing kabupaten/kota untuk diumumkan atau dibagikan oleh setiap sekolah kepada para siswa.

“Tahun ini sistem pengumuman hasil ujian sedikit berbeda, karena tidak di distribusikan lewat PT Pos namun dise­rahkan ke masing-masing UPTD,” ung­kap Kepala Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Gatot Sihabuddin ke­pada Siwalima melalui telepon selu­lernya, Minggu (29/4).

Ia mengaku, Dikbud Maluku tetap optimis hasil UNBK/UNKP tahun ini jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dirinya yakni seperti itu walaupun pihaknya belum menge­tahui hasilnya seperti apa.

Pasalnya, baik dinas maupun pihak sekolah yakin akan hal ini sebab sebelum pelaksanaan UN setiap siswa sudah dipersipkan sedemikian rupa untuk bisa menyelesaikan soal-soal ujian dengan baik.

“Kita memang belum dapat bocoran hasil UNnya seperti apa, tapi kita sangat yakin hasil UN kali ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya

Dijelaskan, ujian SMK yang berlang­sung pada 2-4 April yang di ikuti oleh 6.283 siswa di Maluku dan untuk SMA yang berlangsung pada 9-13 April yang diikuti oleh 25.197 siswa se-Maluku, semuanya akan berhasil. 

Sebelumnya diberitakan hari ini, 25.197 siswa SMA di Maluku melak­sa­nakan Ujian Nasional Berbasis Kompu­ter (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) yang akan diselengga­rakan pada 9-12 April.

Dari jumlah tersebut, yang melaksa­nakan UNKP sebanyak 16.830 siswa dari 250 sekolah sedangkan 8.367 siswa yang mengikuti UNBK berasal dari 82 sekolah. Ada empat mata pelajaran yang akan diuji yakni hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari terakhir adalah mata pelajaran jurusan.

“Setiap mata pelajaran ini sendiri akan dibagi dalam tiga sesi bagi sekolah yang melaksanakan UNBK di Provinsi Maluku,” kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Muhammad Saleh Thio kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (7/4)

Thio menjelaskan, persiapan menuju pelaksanaan ujian dengan menggu­nakan komputer maupun yang tidak, sudah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu sampai dengan pemantapan jaringan listrik dan juga internet.  “Se­kolah sudah mempersiapkan siswanya dengan baik, sehingga pada saat ujian saya kira semua sudah siap baik sekolah maupun siswanya,” akui Thio. (S-39)

 



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon