Pemerintahan ›› Besok, Gubernur Lantik Bupati MBD

Besok, Gubernur Lantik Bupati MBD


Ambon - Dipastikan besok, Rabu (29/5) Gubernur Maluku, Murad Ismail me­lan­tik Benjamin Noach sebagai Bu­pati Maluku Barat Daya (MBD). 

Pelantikan akan berlangsung di lan­tai 6 Kantor Gu­bernur Maluku.

‘‘Kita sudah mendapat per­setujuan dari Kemen­da­gri dan pada Rabu 29 Mei secara resmi gu­bernur akan me­lantik Benjamin Noach men­jadi Bu­pati MBD,” kata Karo Pe­merintahan Biro Set­da Maluku, Jasmono ketika dikonfir­masi Siwali­ma di Kantor Gubernur Maluku, Senin (27/5).

SK pelantikan Benjamin Noch sudah ada, namun Jasmono menolak untuk menjelaskan, karena akan diserahkan oleh gubernur saat pelantikan. “Nanti pada saat pelantikan baru disampai­kan secara resmi SK-nya,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pemprov Ma­luku telah menyebarkan undangan pelantikan kepada pimpinan OPD di lingkup Pemprov Maluku, DPRD provinsi, bupati dan walikota se-Maluku dan DPRD kabupaten/kota.

Usulkan Penetapan

Sebelumnya pemprov mengusul­kan penetapan Benjamin Noach yang saat ini menjabat Wakil Bupati MBD, sebagai bupati ke Mendagri pada 10 Mei lalu.

Pengusulan penetapan Benjamin Noach sebagai Bupati MBD berda­sar­kan UU Nomor 10 tahun 2016 ten­tang pemilihan gubernur, wakil gu­bernur dan bupati dan walikota dan UU Nomor 23 tahun 2014 ten­tang pemerintah daerah.

“Wakil Bupati MBD sudah diusul­kan untuk diangkat dan ditetapkan sebagai Bupati MBD,” kata Karo Pemerintahan Setda Maluku, Jas­mono kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (21/5).

Jasmono mengatakan, proses pengisian jabatan bupati MBD sudah melalui rapat paripurna DPRD kabupaten setempat.

“Pimpinan DPRD mengusulkan pengesahan penetapan wakil bupati menjadi bupati kepada Mendagri melalui Gubernur Maluku,” jelasnya.

Untuk menjamin efektivitas penye­lenggaran pemerintahan saat ini di MBD serta menghindari kekosongan jabatan bupati, maka gubernur sudah menunjuk wakil bupati sebagai pelaksana harian bupati. (S-39) 



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon