Kriminal ›› Berkas Tersangka Pemasok Kayu Ilegal Tahap I

Berkas Tersangka Pemasok Kayu Ilegal Tahap I


Ambon - Berkas La Anda (39) dan La Masudi (39), tersangka pemasok 15 kubik kayu meranti ilegal yang berhasil diamankan beberapa waktu lalu di Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon sudah dilimpahkan tahap I ke Kejari Ambon.

“Berkas keduanya yang  masing-masing pemilik kayu dan penebang kayu atau sensor kayu itu sudah kita limpahkan tahap I ke jaksa sejak 30 Januari 2015 lalu,” jelas Kapolsek KPYS, AKP Irvan Reza saat dikonfirmasi Siwalima Sabtu (7/2).

Dikatakan, berkas kedua tersangka ini dijadikan satu, karena keduanya dijerat pasal 12 UU Nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan hutan.

Menurut Resa, Jika kemudian  ada pengembalian berkas ke penyidik  dengan petunjuk P-19, maka penyidik akan segera melengkapinya. Untuk diketahui, akibat diduga memiliki dokumen palsu, sebanyak 15 kubik kayu meranti jenis kayu klas dua, Polsek KPYS berhasil mengamankannya pada 21 November 2014 lalu di Pelabuhan Slamet Riyadi.

Kayu-kayu itu diamankan sekitar pukul 21.00 WIT dari atas KMP Tanjung Kabat yang baru saja tiba dari Namrole-Bursel. Kayu tersebut diangkut dengan tiga buah truk dari Namrole dengan menumpangi KMP Tanjung Kabat. Sebelum dilakukan penahanan terhadap kayu tersebut, Polsek KPYS mendapatkan informasi dari Dinas Kehutanan Provinsi Maluku yang sudah mendapatkan laporan awal pula dari Dinas Kehutanan Kabupaten Bursel, yang merasa tidak membuat dokumen kayu tersebut.(S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon