Hukum ›› Berkas 5 Polisi Narkoba Rampung

Berkas 5 Polisi Narkoba Rampung


Ambon - Siwalima

Setelah diteliti kurang lebih satu bulan, jaksa penuntut umum Kejati Maluku menya­takan berkas lima tersangka kasus narkoba lengkap.

Kelima tersangka itu adalah Aiptu Remal Patty alias RP, Brigpol Andriyanto Saban alias AS, Brigp - ol Romelus Istia alias RI, Brigpol Alfred Tuhu­mury alias AT dan Brigpol Andre Leatemia alias AL.

“Berkas mereka sudah se­le­sai diteliti oleh JPU dan su­dah dinyatakan tahap leng­kap,” kata Kasi Penkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette kepada Siwalima, di ruang kerjanya, (6/12).

Selanjutnya JPU akan ber­koordinasi dengan penyidik Ditresnarkoba Polda Maluku untuk penyerahan barang bukti dan tersangka. “Selan­jutnya akan dikoordinasikan dengan penyidik untuk tahap II,” ujar Sapulette.

Seperti diberitakan, berkas Brigpol Alfred Tuhumury dan Brigpol Andre Leatemia lebih dulu dilimpahkan, Rabu (10/10) lalu ke JPU. Sementara berkas Aiptu Remal Patty, Brigpol Andriyanto Saban, dan Brigpol Romelus Istia pada Selasa (16/10) dan Kamis (18/10).

SPDP mereka juga dikirim dalam dua tahap. SPDP tersangka Tuhumury dan Leatemia dikirim pada Rabu, 8 Agustus 2018, sedangkan untuk tersangka Patty, Saban dan Istia dikirim, Jumat 10 Agustus.

Brigpol Andriyanto Saban dan Brigpol Romelus Istia ditangkap saat penggerebekan yang dilakukan tim gabungan BNN Maluku, Ditresnarkoba dan Propam Polda Maluku di kediaman Kepala BNN Provinsi Maluku saat itu, Brigjen Rusno Prihardito, pada Rabu (8/8) malam.

Sebelumnya, sekitar pukul 13.00 WIT, tim gabungan menangkap Aiptu Remal Patty di kediamannya di Perigi Lima.  Sementara Brigpol Alfred Tuhumury dan Brigpol Andre Leatemia ditangkap  di Kudamati pada, Minggu (5/8).

Para tersangka dijerat dengan pasal berlapis, karena menguasai dan memiliki narkotika. Aiptu Remal Patty dijerat pasal 116 ayat 1 dan pasal 136 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Brigpol Andriyanto Saban dan Brigpol Romelus Istia dijerat pasal 138 UU Narkotika jo pasal 55 dan 56 KUHP.  Sedangkan, Brigpol Alfred Tuhumury dan Brigpol Andre Leatemia dijerat pasal 116 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (S-49)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon