Kesra ›› BEI Dorong UMKM Masuk Pasar Modal

BEI Dorong UMKM Masuk Pasar Modal


Ambon - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini mendorong para pelaku usaha khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melakukan aksi pelepasan saham di pasar modal.

Pasalnya, BEI akan membentuk unit khusus (inkubarto-red) guna mendorong UMKM agar secepatnya masuk  ke dunia pasar modal atau Initial Public Offering (IPO). Pembentukan unit tersebut diharapkan menjadi wadah bagi UMKM untuk menjadi perusahaan yang terbuka.

“Nantinya sektor UMKM akan diberikan bimbingan penerapan tata kelola perusahaan keuangan dan manajemen agar mendapatkan kualitas yang baik. Dengan hara­pan kami kedepan UMKM bisa galang dana segar,” ungkap Kepala Kantor BEI Cabang Ambon, Alberto F Dachi kepada Siwalima di ruang kerjanya, Senin (31/7).

Menurutnya, dengan membuka unit tersebut bagi UMKM, bertujuan untuk mempersiapkan UMKM agar bisa masuk bursa. Sehingga ia berharap, UMKM yang masuk dalam program tersebut akan dipublik offering dan menjadi contoh untuk UMKM lainnya agar bisa masuk dalam pasar modal melalui bursa efek.

“Jadi saat ini kita masih dalam proses seleksi perusahaan dan UMKM yang akan masuk dalam program ini,” ujarnya.

Perencanaan pembentukan, kata Dachi, merupakan market untuk pelaksanaan penawaran umum perdana saham. Perusahaan yang masuk kategori UMKM dalam menjaga kualitas, belum dijalankan di Maluku.

Untuk program ini masih dalam tahapan nasional dan dalam perencanaan aturannya masih disiapkan. Manfaat UMKM untuk bisa IPO akan mendapatkan modal melalui penjualan saham yang dilakukan perusahaan.

“Selain itu kami yakin ini dapat mengubah image UMKM untuk lebih transparan lagi karena mereka sudah terapkan suatu hal yang dapat berikan perkembangan yang positif,” tandasnya. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon