Daerah ›› Barends: Sisa Agenda Masa Sidang DPRD Telah Dibahas

Barends: Sisa Agenda Masa Sidang DPRD Telah Dibahas


Ambon - Wakil Ketua DPRD Maluku Mercy Barends mengaku, sisa agenda masa sidang DPRD Maluku telah dibahas dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) khusus yang digelar pekan kemarin.

Dalam rapat Bamus khusus itu pihaknya mengkonsolidasi seluruh agenda DPRD untuk sisa masa sidang sampai dengan tanggal 16 September mendatang, namun ada pula agenda yang di siapkan yakni agenda internal rutin.

“Pembahasan anggaran, laporan evaluasi penggunaan anggaran selama enam bulan dan enam bulan berikutnya, kemudian pembahasan hasil audit BPK dengan membentuk panja diikuti dengan penggunaan laporan realisasi anggaran 2012 ke­marin serta LPJ-nya sudah disiapkan oleh pemda dan segera akan disam­paikan,” ungkap Barends, kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon, Kamis (29/8).

Selain itu kata dia, dalam rapat itu juga ada pembahasan  APBD-P dan diikuti dengan pembahasan Kebija­kan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA­PPAS)  serta RAPBD 2014, kemudian diikuti dengan agenda rutin yang lain yakni pembahasan pansus-pansus.

“Semua pansus yang sudah di­bentuk di masing-masing komisi, kemudian pansus PLN dan Pansus RSUD Haulussy, kemudian diikuti dengan penetapan program legislasi daerah (Prolegda) tahunan baik usulan dari pemda dan DPRD akan disahkan, sehingga enam bulan masa sisa ini dituntaskan, karena ranperda yang ditawarkan ini tidak dengan judul saja tetapi sudah de­ngan dokumen awal seperti ranper­danya serta kajian akademis­nya,”ujar Barends.

Menurutnya, sisa enam bulan per­tama ini, masing-masing komisi sudah berproses dan prolegdanya sudah bisa ditetapkan dalam waktu dekat. Sementara, menyangkut dengan permasalahan yang terjadi di RSUD Haulussy Ambon yang beberapa bulan lalu dibahas dalam sidang pari­purna tersebut, nantinya dilakukan dalam rapat karena pihaknya masih membutuhkan keterangan yang jelas.

“Rapat-rapat ini akan berlang­sung, untuk keterangan sementara diproses dan di investigasi juga, seperti itu. Jadi harapan kami se­sudah mereka melakukan persiapan-persiapan awal rapat sudah bisa dibuka dan kita sudah bisa tahu temuan-temuan yang diperoleh apa saja serta bagaimana sikap pansus sendiri menyikapi permasalahan RSUD Haulussy dan RSU Tulehu,” cetusnya. (S-37)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon