Gaya Hidup ›› Banyak Sayur yang Mengandung Zat Kimia

Banyak Sayur yang Mengandung Zat Kimia


Ambon - Kebutuhan untuk mengkonsumsi sayur merupakan satu keharusan demi menjaga kondisi tubuh agar terlihat segar namun saat ini banyak sayur yang ditanam oleh para petani mengandung bahan kimia yang berlebihan sehingga saat dikon­sumsi dapat membahayakan tubuh manusia.

Dengan adanya sayur yang mengandung zat kimia berlebihan ini, maka Komisi II DPRD minta kepada pemkot dalam hal ini pihak Dinas Pertanian Maupun Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk melihat hal ini dengan serius.

Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon Juliana Pattipeilohy dalam rapat dengar pendapat bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Disperindag, yang berlangsung di ruang sidang utama Baileo Rakyat Belakang Soya mengatakan, banyak masyarakat mulai takut untuk menkonsumsi sayuran, sebab sudah banyak mengandung bahan kimia yang bisa mengganggu kesehatan.

“Kalau banyak sayur yang menggunakan bahan kimia, maka ini membuktikan penggunaan obat terlalu berlebihan padahal harus ada pengawasan, namun saat ini sudah dilakukan secara semerawut,” ungkap Pattipeilohy, Rabu (1/4).

Ditegaskan, dengan adanya sayur yang mengandung bahan kimia berlebihan maka membuktikan tidak ada pengawasan yang dilakukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dalam hal ini Dinas Pertanian.

“Saya mau tanya pengawasan sampai dimana sehingga sayur- mayur yang beredar di pasar saat ini banyak yang mengandung zat kimia sampai sudah melebihi aturan penyemprotannya. Sehingga ketika kita mau komsumsi sayur juga kita jadi takut, tidak makan salah, makan juga bisa mati,” tukasnya.

Menurutnya, hal ini menyangkut hidup orang banyak sehingga diharapkan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab dari setiap SKPD terkait harus dilaksanakan dengan serius dan penuh rasa tanggungjawab.

“Jujur saya sendiri juga jadi takut sehingga saya sendiri tidak berani konsumsi sayur yang dijual di pasar. Sayur yang saya makan itu tidak pakai pupuk,” ujarnya.

Ia merincikan, jenis sayur yang mengandung zat kimia berlebihan adalah sayur kangkung, sawi, kol dan beberapa jenis lainya. Oleh sebab itu, SKPD terkait yang melakukan pengawasan harus selalu berkoordinasi sehingga masalah ini dapat teratasi. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon