Olahraga ›› Bangkitkan Olahraga Perairan Lantamal IX Gandeng Koni Maluku

Bangkitkan Olahraga Perairan Lantamal IX Gandeng Koni Maluku


Ambon - Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang didampingi Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Sopingi beserta Para asisten Danlantamal IX dan Kasatker menyambut kedatangan tim Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Maluku di Markas Komando Lantamal IX Ambon, Sabtu (24/3).

Kegiatan kunjungan itu dalam rangka memajukan olahraga perairan di Lantamal IX pada umumnya dan Maluku pada khususnya. Rombongan Koni Maluku itu terdiri dari ketua umum, wakil ketua II, wakil ketua IV, wakil sekretaris umum, ketua bidang aset, wakil ketua bidang media dan humas serta wakil ketua bidang pengolahan data.

Danlantamal IX dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan kehadiran rombongan Koni Provinsi Maluku yang meluangan waktu datang ke Markas Komando Lantamal IX Ambon.

“Lantamal IX bisa berkolaborasi dengan Koni dalam hal meningkatkan olahraga perairan seperti ski air, selam dan perahu layar,” ujar Danlantamal.

Dijelaskan, Lantamal IX sudah melaksanakan kegiatan pelatihan selam dan tanggapan masyarakat sekitar maupun satuan samping sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dengan keterbatasan perlengkapan yang ada Lantamal IX tetap berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik, dengan harapan potensi yang ada bisa berkualitas. Selain itu, juga bisa dijadikan sebagai extra kulikuler di kalangan pelajar untuk mengurangi kenakalan remaja seperti pemakain narkoba, pornografi dan seks bebas sehingga apabila mengikuti kegiatan tersebut mereka tidak lagi terpengaruh.

“Kami ingin membentuk karakter atlit agar disiplin, karena tanpa kedisiplinan atlit tidak akan terbentuk,” tandas  Danlantamal.

Ketua Umum Koni Provinsi Maluku Tony Pariela menambahkan, pihak Koni merasa sangat terhormat bisa diterima dalam kunjungan kali ini, Karena sejak terpilih pengurus periode ini mempunyai rencana membangun kolaborasi dengan TNI dan yang sudah berjalan adalah TNI AD melalui olahraga bela diri, sedangkan untuk TNI AL akan berkolaborasi melalui olahraga perairan dan bisa berlanjut satu langkah lebih maju dalam hal olahraga ini.

“Kita berharap dengan diadakannya kerjasama dengan Koni Provinsi Maluku melahirkan bibit-bibit atlit olaraga perairan di daerah ini serta dapat mempersiapkan putra/putri daerah untuk maju ke ajang nasional.

Sebelumnya diberitakan, dalam rangka memajukan cabang olahraga perairan dan pengembangan wisata bahari di Provinsi Maluku, maka Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menggelar pelatihan selam dasar.

Pelatihan yang diberi nama Gurita Ambon-18 ini diikuti oleh anggota dari Satuan Polairud Polda Maluku, Satbrimobda Maluku, Dinas Damkar Kota Ambon, para PNS dan Mahasiswa serta masyarakat  ini dipusatkan di gedung Fasharkan Mako Lantamal IX Ambon. Rabu (21/3).

Ketua Tim Pelatihan yang juga Danyonmarhanlan IX Ambon Letkol Marinir Indrayanto saat membuka pelatihan tersebut mengatakan, dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga bagi para pemula dan sebagai ajang mengasah kemampuan kembali bagi yang sudah pernah menyelam.

 ”Pelatihan selam dasar dilaksanakan 19-22 Maret. Dan hari ini Rabu (21/3) dilaksanakan pemberian materi tentang pengenalan alat selam kepada para peserta dan selanjutnya akan dilaksanakan materi praktek selam dasar di laut hingga di tutup pada 22 Maret 2018,” ujarnya.

Dijelaskan, pada pelatihan tersebut, Lantamal IX juga bekerjasama dengan Pengcab POSSI Maluku dengan menghadirkan instruktur selam dasar yakni Pieter C.H. Manihin yang juga akan memaparkan materinya tentang pengenalan awal selam dasar, pengenalan organisasi selam se-Indonesia dan beberapa resiko pada penyelaman.

Selain itu akan disampaikan juga prasyarat untuk menjadi peselam, program khusus dan latihan lanjutan serta pengetahuan daya apung peralatan, pakaian selam, bouyancy compensator device and weight belt serta pengenalan peralatan selam.

“Selain pelatihan selam dasar, Lantamal IX juga memberikan pengenalan dan pengetahuan tentang selam tempur kepada para peserta yang akan disampaikan oleh Kapten Laut (P) Mohamad Makruf.

Untuk diketahui hadir dalam kegiatan ini Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IX Kolonel Marinir Nanang Purwoko, Intruktur Selam Dasar Gurita Ambon-18 dari Lantamal IX dan Instruktur dari Pengcab POSSI-CMAS.

(S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon