Daerah ›› Bandara Pattimura Sempat tak Bisa Didarati Cuaca Buruk

Bandara Pattimura Sempat tak Bisa Didarati


Ambon - Cuaca buruk akibat hujan deras yang mengguyur Ko­ta Ambon dan sekitar meng­akibatkan Bandara Patti­mura sempat tak bisa didarati, Senin (17/7).

Informasi dihimpun Siwa­lima menyebutkan, pesawat Garuda Indonesia GA-7647 rute Langgur -Ambon de­ngan registrasi PK-GAJ ha­rus mengalihkan penda­ratan dari Bandara Patti­mura ke bandara Domine Eduard Osok, Sorong-Papua Barat  karena cuaca buruk.

Sebelum memutuskan ke Sorong, pesawat tipe ATR-72 tersebut sempat enam kali berputar-putar diatas Pulau Ambon pada pukul 07.25 WIT, namun karena cuaca tetap buruk, sehingga pilot memu­tus­kan mengalihkan penda­ratan dari Bandara Pattimura.

Bukan hanya pesawat Garu­da, namun Batik Air ID-7773 dengan nomor register PK-LAS dari Halim Perdanaku­sumah Jakarta juga harus berputar selama satu jam sambil menunggu membaiknya cuaca guna melakukan pendaratan. Pesawat tipe A-320 tersebut semula dijadwalkan mendarat pukul 10.30 WIT, namun baru mendarat 11.35 WIT.

Hal yang sama juga dialami Batik Air ID-6174 dari Surabaya. Pesawat tipe A-320 dengan no­mor register PK-LUQ tersebut baru mendarat pukul 12.23 WIT padahal seharusnya 12.05 WIT.

Manager Operasi PT Ang­kasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon Arizon, kepada Siwalima, melalui tele­pon selulernya Senin (17/7) mengaku akibat cuaca buruk di Pulau Ambon maka sejumlah pesawat sempat tak bisa men­darat dan juga ada yang tak bisa terbang akibat jarak pan­dang dibawah ketentuan.

“Memang akibat cuaca bu­ruk ada sejumlah pesawat sem­pat tak bisa mendarat. Misal­nya pesawat Garuda Indonesia dari Langgur yang kemu­dian mengalihkan pendaratan ke Sorong-Papua Barat,” ung­kapnya.

Dijelaskan, pesawat Garuda Indonesia yang sempat meng­alihkan pendaratan ke Sorong, akhirnya kembali mendarat pada pukul 13.25 WIT.  “Pesa­wat yang sama kemudian sudah kembali berangkat ke Saumlaki pukul 14.16 WIT. Seharusnya pesawat eks Langgur tersebut kembali lagi menerbangi rute ke Langgur tetapi karena sempat dialihkan pendaratan ke Sorong maka untuk rute Ambon-Langgur menggunakan pesawat eks rute Kainama. Sedangkan Garuda Indonesia rute Ambon-Ternate GA-7463 ditunda hingga Selasa (18/7),” jelasnya.

Arizon juga mengakui akibat keterlambatan tiba pesawat Batik Air dari Bandara Halim­per­dana­kusuma maupun dari Surabaya mengakibat penerba­ngan pesawat yang sama dari Bandara Pattimura ke kedua bandara tersebut juga menga­lami keterlambatan selama satu jam dari jadwal semula.

“Memang sempat terlambat untuk Batik Air tetapi sudah tiba dan sudah diberangkatkan lagi ke Jakarta maupun Sura­baya. Hanya tersisa yang untuk Garuda Ambon-Ternate itu dan Wings Air Ambon-Langgur Senin (17/7) siang ditunda hingga Selasa (18/7) pukul 05.00 WIT,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, khu­sus untuk pesawat Sriwijaya Air SJ-695 tujuan Ternate yang semestinya berangkat pukul 13.30 WIT juga tertunda kebe­rangkatannya karena faktor cuaca hingga pukul 16.10 WIT. “Sejak Senin (17/7) siang, ope­rasional dan penerbangan kem­bali berjalan lancar kendatipun ada terdapat sedikit kendala cuaca,” ujarnya. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon