Kesra ›› Asperindo Harus Siap Bersaing di Pasar Global

Asperindo Harus Siap Bersaing di Pasar Global


Ambon - Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) Provinsi Maluku diharapkan harus siap bersaing di pasar global. Terlepas dari itu, pelanggan perusahaan jasa pengiriman saat ini semakin meluas, hal ini nampak dari tumbuh dan berkembangnya begitu banyak perusahaan jasa pengiriman, termasuk di Maluku.

Hal ini disampaikan Gubernur Maluku Said Assagaff dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Frona Koedoeboen, saat membuka Muswil II DPW Asperindo Provinsi Maluku tahun 2017 di Marina Hotel, Kamis (9/11).

Bisnis kurir dan logistik dalam beberapa waktu belakangan ini kata gubernur, menunjukkan trend peningkatan yang signifikan, seiring berkembangnya bisnis daring sertae-commerce.

“Hal ini karena semakin banyak masyarakat yang lebih memilih alternatif berbelanja melalui “e-commerce” atau penjualan daring, yang tentunya memberikan peluang besar sekaligus tantangan karena kebutuhan masyarakat dalam jasa pengiriman pun meningkat, baik dari segi jumlah, ukuran mau pun jenis barangnya,” ujarnya.

Menurut gubernur, kebutuhan jasa pengirimanpun akan semakin meningkat. Dengan motto cepat, cermat, selamat dan bertanggung jawab, dirinya yakin seluruh anggota Asperindo di Maluku siap bersaing di pasar global. Anggota Asperindo, hingga saat ini telah mampu melakukan pengiriman barang dari atau ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan dunia.

Peran industri pengiriman tentunya akan menjadi sangat cepat dan maju karena disokong oleh infrastruktur transportasi yang memadai, serta kecanggihan teknologi komunikasi dan informasi.

“Kedepan tentunya tantangan kebutuhan jasa pengiriman akan semakin meningkat, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, serta terbukanya sekat pasar global,” imbuhnya.

Dengan demikian lanjut gubernur, kualitas layanan jasa pengiriman harus berbenah diri untuk menghadapi tantangan pasar global tersebut. Melalui pemanfaatan teknologi digital di sektor pos, ekspres dan logistik, diharapkan dapat membantu distribusi produk dalam negeri hingga menjangkau konsumen di seluruh wilayah Indonesia, hingga pasar global.

Tantangan digitalisasi layanan, serta kemampuan pelayanan prima tentunya merupakan dua pilar utama yang akan mendukung bisnis jasa pengiriman pada masa mendatang. Untuk itu Asperindo sebagai wadah komunikasi, konsultasi, koordinasi dan sumber informasi bagi seluruh anggota jasa pengiriman harus semakin solid dan kompak untuk membangun sistim jasa pengiriman yang berkualitas.

“Oleh karena itu, seluruh anggota diharapkan melakukan pengawasan yang ketat terhadap isi kiriman dan paket yang diterima, sehingga tidak mudah dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mengirim barang-barang berbahaya yang dilarang,” pintanya.

Selain itu tambah gubernur, seluruh anggota juga diharapkan dapat menyediakan peralatan teknologi pendeteksi kiriman atau paket, serta membangun komunikasi dan koordinasi dengan instansi teknis terkait yang bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketentraman masyarakat untuk mengambil langkah-langkah penanganan seperlunya. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon