Daerah ›› Aparat Bongkar Tong Pengolahan Emas di Wabloy

Aparat Bongkar Tong Pengolahan Emas di Wabloy


Namlea - Aparat Kodim 1506 Namlea, dipimpin Danramil Waeyapo, Lettu Inf. Husen Malagapy dibantu satpol PP Kecamatan Lolong Quba, Kabupaten Burtu menutup paksa tong pengolahan emas milik Haji Kommar di Desa Wabloy, Senin (21/8).

Danramil Waeyapo, Lettu Inf Husen Malagapy yang dihubungi Siwalima  melalui telepon selulernya, Senin (21/8) membenarkan, operasi penertiban tong milik Haji Komar tersebut.

“Saat ditertibkan, pemiliknya dan orang kerja sudah tak ada di TKP,”jelas Malagapy.

Selanjutnya keterangan yang berhasil dihimpun Siwalima menyebutkan, pembongkaran tempat pengolahan emas metode tong dipantau langsung oleh Pasie Intel Kodim 1506 Namlea, Kapten Inf Ramly Latupono.Turut hadir di TKP, Kades Wabloy, Jainudin Belen dan staf desa.

Menurut Daramil 1506-04 Waeyapo, pembongkaran tempat pengolahan emas metode tong, menindaklanjuti laporan warga pada Minggu (20/8) bahwa, ada hewan ternak sapi milik msyarakat yang mati akibat meminum air limbah dari tempat pengolahan emas tersebut.

Dalam pelaksanaan pembongkaran tempat pengolahan emas tersebut, ditemukan, material yang masih dalam proses pengolahan dan belum sempat ditoyang/dikeluarkan dari dalam tempat pengolahan

Selain itu, sedikitnya tiga unit tong yang masih terisi penuh, diperkirakan sudah terisi sekitar 1000 panggal/karung material. Selanjutnya, ditemukan juga ampas material sekitar 800 karung yang masih  belum dicurah ke dalam tong pengolahan. (S-31)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon