Daerah ›› Angka Pencaker Tahun 2014 Meningkat 30 Persen

Angka Pencaker Tahun 2014 Meningkat 30 Persen


Ambon - Angka pencari kerja (Pencaker) pada tahun 2014 tercatat pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Ambon meningkat 30 persen dibandingkan dengan ditahun 2013 yang hanya sebanyak 15 persen.

Kadis Nakertrans Kota Ambon, Godlief Soplanit, mengaku, untuk tahun 2014 angka pencaker yang tercatat resmi itu sebanyak 9.223 orang, sementara pada 2013 hanya tercatat sebanyak 7 ribu lebih.

“Ribuan pencaker yang terkaver ini terbanyak mereka lulusan S1, Diploma III dan II atau yang disebut dengan pengangguran intelektual, disamping itu juga ada penceker yang hanya lulusan SMA,” rincinya kepada Siwalima diruang kerjannya, Jumat (9/1).

Jumlah pencaker yang diketahui tersebut, dilakukan dengan cara setiap bulan stafnya yang bertugas untuk mencatat langsung merekap jumlah ekseluruhan pada bulan tersebut.

Kebanyakan para pencaker ini membludak untuk melakukan proses pengurusan surat-suratnya tersebut jika ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan lainnya.

“Saya berharap, pada tahun ini angka pencaker alami peningkatan dari tahun kemarin, jika hal itu terjadi maka angka pengangguran di kota ini akan semakin berkurang,” tandasnya. (S-41)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon