Politik ›› Anggota PPS kota Tual Resmi Dilantik

Anggota PPS kota Tual Resmi Dilantik


Tual - Sebanyak 90 anggota Panitia Pemungutan Suara resmi dilantik KPU Kota Tual guna bertugas menyelenggarakan Pilkada Maluku dan Kota Tual. Anggota PPS yang dilantik akan bertugas di 30 desa.

Pelantikan yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Tual Ibrahim Faqih berlangsung di Kantor Camat Dullah Selatan, Sabtu (11/11).

Usai proses pelantikan kepada wartawan, Ibrahim mengatakan, sebelum proses pelantikan, ke-90 anggota PPS lebih dulu diseleksi.

“Kota Tual terdapat 5 kecamatan yakni Dullah Selatan, Dullah Utara, Tayando Tam, Kur dan Kur Selatan. Masing masing desa kita seleksi dan kita ambil per desa 3 orang untuk menjadi anggota PPS sehingga total yang hari ini kita lantik ada 90 orang,” jelas Faqih.

Menurutnya PPS merupakan kepanjangan tangan dari PPK untuk menyelenggarakan pemilihan umum di tingkat desa.

Untuk itu proses perekrutan hingga pelantikan harus dilaksanakan setransparan mungkin agar bisa di pertanggung jawabkan.

“Mengacu dari pelaksanaan pilkada yang lalu dimana perekrutan PPS terkesan tertutup sehingga sulit untuk dipertanggungjawabkan, membuat KPU Tual kini melakukan seleksi secara transparan. Tujuannya agar masyarakat juga tahu tahapan- tahapan yang kita lakukan hingga terpilih 90 orang ini,” ungkapnya.

Faqih juga berharap anggota PPS yang baru dilantik untu bekerja secara jujur dan tidak terpengaruh oleh pihak luar.

“Saya berharap mereka yang dilantik dapat menunjukan dedikasi kerja yang baik, dan yang terpenting tidak terpengaruh oleh pihak luar yang memiliki kepentingan politik di pilkada nanti. Suara itu adalah suara rakyat dan dalam demokrasi rakyatlah yang menentukan. Untuk itu tadi saya sudah tegaskan jangan pernah mencederai suara rakyat,” tandasnya.

Untuk diketahui sebelum melantik 90 anggota PPS, Ketua KPU kota Tual Ibrahim Faqih telah melantik 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Proses pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan di Aula Pendopo Yarler Tual, Rabu (1/11). (S-45)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon