Daerah ›› ALFI Maluku Gelar Pelatihan Pendidikan Basic Forwarding Tingkatkan SDM

ALFI Maluku Gelar Pelatihan Pendidikan Basic Forwarding


Ambon - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Provinsi Maluku, Rabu (11/10), menggelar pelatihan pendidikan basic freight forwarding sekaligus uji kompetensi.

Kegiatan ini berlangsung di Hotal Amboina selama 10 hari yakni dari 11-21 Oktober 2017 dan diikuti sekitar 30 peserta dari berbagai perusahaan logistik dan jasa transportasi di Kota Ambon. Hadir pada kegiatan tersebut, wakil ALFI Institute dari pusat, Ahmad Sugiono.

Ketua DPW ALFI Maluku, H.B Sirait dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan dan pendidikan basic freight forwarding sekaligus Uji Kompetensi dilaksanakan atas dasar MoU antara ALFI Institute dan DPW ALFI Provinsi Maluku tentang pendidikan dan pelatihan di Provinsi Maluku pada 17 November 2016.

Selain itu realisasi PERPU Menteri Perhubungan RI Nomor PM 49 tahun 2017 tentang penyelenggaraan dan pengusahaan jasa pengurusan transportasi khususnya bagi anggota EMKL, guna melanjutkan ijin pengganti EMKL menjadi ijin JPT sesuai PERPU dimaksud.

Dikatakan, kegiatan pendidikan dan pelatihan sangatlah penting dan strategis dalam rangka menyiapkan dan memantapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional di bidang freight forwarding dan logistik. Olehnya itu, peserta pelatihan dan pendiidkan  harus sungguh-sungguh mengikuti dengan baik.

Sementara itu, wakil ALFI Institute dari pusat, Ahmad Sugiono menandaskan, bisnis logistik dan transportasi merupakan salah satu sektor usaha yang memiliki tingkat petumbuhan tinggi seiring pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik. Perkembangan ini tentu harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM dan kemajuan teknologi, agar industri logistik di Indonesia menjadi unggul dalam persaingan global.

Berdasarkan hal itu, ALFI Intitute terus berupaya melakukan perbaikan dengan meningkatkan SDMnya. Sugiono pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi bagi DPW ALFI Maluku yang sudah berupaya menggelar pelatihan dan pendidikan basic freight forwarding sekaligus uji kompetensi.

“Ini suatu terobosan yang dilakukan DPW ALFI Maluku. Mudah-mudahan, memberikan nilai tambah bagi keberadaan ALFI Maluku dalam rangka peningkatan SDM,” tandas Sugiono yang juga bertindak selaku instruktur itu. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon