Politik ›› Ajukan Draft PKPU ke DPR, KPU Tunggu Jadwal RDP

Ajukan Draft PKPU ke DPR, KPU Tunggu Jadwal RDP


Ambon - Sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016 mengenai pilkada Gubernur, Bupati dan Walikota, KPU sebelum menetapkan Peraturan KPU (PKPU) harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan DPR dan pemerintah.

PKPU sendiri akan digunakan bagi penyelenggara pilkada di daerah sebagai teknis pelaksanaan pilkada.

Meskipun begitu, draft PKPU belum dibahas lantaran KPU masih menunggu jadwal Rapat Dengar Pendapat (RDP) dari DPR RI.

Komisioner KPU  Maluku, La Alwi kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (2/8) mengatakan KPU telah mengajukan lima rancangan PKPU yang telah selesai dilakukan uji publik sebelumnya untuk dibahas bersama DPR.

“Rancangan PKPU yang diajukan adalah mengenai pemutahiran data, pemilihan, pencalonan, kampanye serta pemungutan dan perhitungan suara. Karena konsultasi ini sifatnya mengikat, KPU menunggu saja jadwal RDP,” katanya.

Ia menegaskan tidak akan ada masalah meskipun tahapan pilkada sudah berjalan namun PKPU baru belum diturunkan. Menurutnya selama belum ada aturan baru, maka aturan dalam PKPU lama masih berlaku. 

“Jadi selama PKPU belum keluar, KPU kabupaten/kota bisa mengacu kepada PKPU yang sesuai asalkan sejalan dengn undang-undang nomor 10 tahun 2016.

Tapi kalau ada yang berbeda antara PKPU yang ada dengan undang-undang, penyelenggara harus mengacu pada undang-undang yang merupakan ketetapan paling tinggi,” tambah Alwi. (S-42)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon