Daerah ›› Ada Merah Putih Raksasa di Selaru

Ada Merah Putih Raksasa di Selaru


Ambon - Dalam rangka memperingati HUT ke-71 TNI Angkatan Udara, Pangkalan TNI Ang­katan Udara Pattimura mela­kukan pengibaran bendera Merah Putih terbesar di Pulau Selaru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Pengibaran Bendera Merah Putih terbesar tersebut, diren­canakan pada hari Minggu (9/4) bertepatan dengan HUT TNI AU, namun karena keadaan cuaca maka pengibaran bendera ditunda.

Pengibaran bendera dapat dilakukan,  keesokan harinya meskipun harus berdiri di bawah guyuran hujan. Ben­dera dengan ukuran 75x50 meter dan berat mencapai 300 kg ini terbentang di La­pangan Terbang Selaru Lanud Pattimura, yang dulu­nya merupakan pangkalan militer peninggalan Jepang.

Komandan Lanud Patti­mura Kolonel Pnb Aldrin P Mo­ngan memimpin lang­sung pengibaran bendera yang me­libatkan sekitar 300 pendu­duk Desa Lingat dan 500 anak-anak peserta Pramuka, serta jad para pejabat Kabu­paten Maluku Tenggara Barat.

Upacara pengibaran ben­dera terbesar ini juga dihadiri Jusuf Ngadri dan Feisal Nadhirrahman sebagai per­wakilan MURI ini, kemudian mencatat sebagai pengi­baran bendera terbesar dan memecahkan rekor MURI.

Sehari sebelumnya, seba­gai wujud kepedulian sosial Lanud Pattimura dalam rang­kaian HUT TNI AU ini juga menggelar bakti sosial berupa operasi katarak gra­tis yang mendapat sambu­tan antusias dari penduduk sekitar Pulau Selaru.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial dari TNI Angkatan Udara ke­pada warga masyarakat yang membutuhkan sehingga makin mendekatkan hubu­ngan antara TNI AU dengan rakyat karena TNI berasal dari rakyat,” ungkap Danla­nud Pattimura kepada Siwalima.

Lapangan Terbang Selaru merupakan bekas pangka­lan militer peninggalan Je­pang. Setelah diperbaiki, Lapangan Terbang Selaru akan diopera­sionalkan oleh TNI Angkatan Udara. Pulau Selaru adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Timor dan berbatasan langsung dengan Australia. Pulau Selaru menjadi bagian dari Pemkab Maluku Teng­gara Barat. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon