Olahraga ›› Aceh Juarai Kejurnas Sepakbola PPLP 2016

Aceh Juarai Kejurnas Sepakbola PPLP 2016


Ambon - Tim Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Aceh berhasil tampil sebagai juara pertama Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sepakbola Pelajar antar PPLP/PPLPD/SKO tahun 2016.

Aceh berhasil mempertahankan gelar juara yang diraih tahun lalu, setelah pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Mandala Remaja, Karang Panjang, Ambon, Selasa (8/11) mengalahkan PPLP Jawa Tengah 1-0.

Tahun lalu saat Sepakbola Pelajar antar PPLP/PPLPD/SKO tahun 2016 digelar di Pangkal Pinang-Bangka Belitung, PPLP Aceh juga tampil sebagai juara dengan mengalahkan Jawa Tengah 1-0.

Juara tiga bersama pada kejurnas ini ditempati PPLP Sulawesi Selatan dan PPLP Sumatera Utara. Masing-masing pemain, pelatih dan official mendapatkan medali dan piagam penghargaan.

Kedua tim memang tampil saling menyerang sejak menit awal pertama pertandingan yang dipimpin wasit Hamid Anggio, namun tak ada gol yang tercipta.

Aceh tampil menyerang dengan mengandalkan Indrawan (19), Fai­zun (10), Aulia Hidayat (7) dan Iftiqar Rizal (14). Kendati ada kesempatan emas untuk mencetak gol, namun serangan Aceh selalu kandas di baris pertaha­nan Jawa Tengah, Alfendra D Santosa (3), M Januar Eitra (8) dan Ahmad Saiful Hidayat (17). Akhirnya gawang Jateng yang dijaga RHA Bagaskati (20) masih bisa terselamatkan.

Sebaliknya, Jawa Tengah meng­in­ten­sifkan penyeragn melalui Ahmad Ulul Adab (7), Rafli S Haswa (14) dan Gusti Setiawan (11). Walau begitu, per­gerakan penyerang Jawa Tengah, selalu berhasil dihalau bari­san perta­hanan Aceh yang ditem­pati Arif Maulana (6), Panji Adean Sara (2) dan Busairi (4).

Satu-satunya gol kemenangan Aceh dalam mempertahankan gelar juara tersebut dicetak Indrawan (19) di menit 85.

Aceh lolos ke final setelah di semifinal menang 8-7 atas PPLP Sulawesi Selatan. Di babak 8 besar, Aceh mengkadaskan impian PPLP Maluku Utara 3-0. Sebelumnya saat penyisi­han Aceh tergabung di grup A. Tim yang dilatih Yusmadi ini lolos ke 8 besar sebagai runner up grup A setelah menang atas PPLPD Kabu­paten Bogor 1-0, kalah 2-3 dari PPLPD Riau dan menang 2-0 atas PPLP Sumatera Barat.

Aceh punya catatan prestasi yang bagus sepanjang pelaksanaan sepakbola pelajar tingkat nasional tersebut. Ini tercatat setelah meraih juara I pada Kejurnas Sepakbola Antar-PPLP 2007 Makassar.

Gelar ini gagal dipertahankan dalam dua kali event tersebut ketika menjadi juara III pada Kejurnas 2008 di Ambon. Posisi serupa diraih ketika menjadi juara III bersama Sumut pada Kejurnas 2009 di Ternate-Maluku Utara. Posisi duta Tanah Rencong bukannya menan­jak, justru kembali menurun di event selanjutnya.

Terbukti Aceh hanya sampai babak 8 besar pada tiga kali pelaksanaan berikutnya di Kejurnas 2010 Medan, 2011 di Jawa Tengah, dan 2012 di Papua. Prestasi Aceh mulai meningkat saat menjadi juara II pada Kejurnas 2013 di Banda Aceh. Tapi lagi-lagi melorot ketika tersingkir di babak penyisihan grup pada Kejurnas 2014 di Bogor. Akhirnya dibawah asuhan pelatih Yusmahdi kembali menjadi juara I pada Kejurnas 2015 Bangka Belitung. Kini, Aceh kembali mempe­rtahankan gelar juaranya di Kejur­nas 2016 Ambon-Maluku. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon