Daerah ›› 744 Personel Polda Maluku Naik Pangkat

744 Personel Polda Maluku Naik Pangkat


Ambon - Sebanyak 744 orang personel Polda Maluku  dinaikan pangkatnya Kamis (30/6). Kenaikan pangkat itu dilakukan dalam upacara corps raport yang dipimpin Wakapolda Maluku, Kombes Pol Musa Ginting di Lapangan Upacara Polda Maluku kawasan Batu Meja Ambon.

744 orang personel Polda Maluku yang naik pangkat itu terdiri dari Pamen 37 orang, Pama 43 orang, Brigadir 643 orang dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) 21 orang. Kapolda Maluku dalam amanatnya mengatakan, pangkat merupakan penanda kedinasan dalam strata susunan personel Polri yang dibutuhkan sebagai dasar kedudukan dan kehormatan, pengkajian serta keabsahan wewenang dan tanggung jawab dalam organisasi Polri.

Pangkat juga kata Kapolda, penanda hirarki yang diberikan negara kepada anggota Polri sesuai dengan kemampuan dan kualifikasi yang dimiliki. “Jadi kenaikan pangkat bukanlah hadiah dari pimpinan Polri, namun sebagai “buah” hasil dari prestasi kerja dan pengabdian yang diperoleh melalui penilaian Sistim Manajemen Kerja (SMK),” jelas Kapolda.

Dijelaskan, secara berjenjang sampai ke tingkat Mabes Polri yang direkomendasikan oleh dewan pertimbangan karier dengan memperhatikan persyaratan materiil maupun formil dari masing-masing personel Polri sehingga tidak semua usulan kenaikan pangkat personel dapat diproses dan disetujui, baik ditingkat Polda maupun Mabes Polri.

Hal ini dikarenakan berbagai pertimbangan dan alasan. Disebutkan, kenaikan pangkat anggota Polri bertepatan juga dengan ibadah puasa dan lebih berbahagia lagi menyambut HUT Bhayangkara ke-70, 1 Juli 2016.

“Dinaikan pangkat setingkat lebih tinggi dengan harapan, dengan naiknya pangkat, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kinerja, serta tanggung jawab dalam setiap pelaksanaan tugas yang dibebankan kepada yang naik pangkat. Dengan hasil yang lebih baik dari sebelumnya,” pinta Kapolda.

Selain itu, menurutnya kenaikan pangkat juga merupakan konsekwensi logis atas kenaikan pangkat, disamping meningkatkan tanggung jawab dan status. Sebagai petunjuk memang layak untuk dinaikan pangkatnya setingkat lebih tinggi.

Dikatakan, tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks harus dibarengi dengan operasionalisasi Polda Maluku yang semakin dinamis dalam melaksanakan tugas memelihara Kamtibmas, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta menegakan hukum.

“Dengan demikian, maka Polri kan melaksanakan operasi terpusat Ramadhan 2016. Hal ini dilakukan untuk menciptakan stuasi keamanan dan ketertiban bagi masyarakat Maluku. Untuk itu eksistensi Polda Maluku saat ini diharapkan oleh seluruh masyarakat Provinsi Maluku dalam mendukung keberhasilan operasi di tahun 2016,” harap Kapolda.(S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon