Daerah ›› 64 CJH Malteng Ikut Manasik Haji

64 CJH Malteng Ikut Manasik Haji


Masohi - 64 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabu­paten Maluku Tengah  (Malteng), Senin (16/6) mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji tahun 1435 Hijriah, yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama kabupaten setempat.

Kegiatan yang bertujuan untuk menambah dan memperdalam ilmu pengetahuan CJH tentang ibadah haji ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Malteng, Abua Tuasikal.

Tuasikal dalam sambutannya mengatakan, kegaitan manasik haji yang diselenggarakan saat ini  merupakan kesempatan baik bagi para CJH. Karena melalui kegaitan ini, CJH dapat mengetahui seluk beluk pelaksanaan ibadah haji.

Dikatakan, para CJH dapat  melak­sanakan tahapan-tahapan ibadah haji secara baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji.

“Tentunya, bimbingan manasik haji bukanlah hal yang baru karena setiap calon jamaah haji pasti telah memiliki pengetahuan tentang, ketetuan maupun tata cara dalam kelompok-kelompok bimbingan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 13 tahun 2008 tentang penye­lenggaraan haji. Tapi kegiatan manasik haji yang diselenggarakan saat ini mempunyai makna yang sangat penting, sehingga sangatlah penting jika CJH yang ada mengikuti kegiatan ini dengan baik,” tandas bupati.

Bupati menegaskan, pelaksanaan ibadah haji merupakan tugas nasional dan menjadi tanggung jawab pemerintah, dalam hal ini ditangani oleh kementerian agama dalam bentuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi jemaah haji. Sehingga, jemaah haji pada waktunya dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam.

Lebih jauh bupati mengungkapkan,  para CJH harus  tidak memaknai perjalanan ibadah haji  ke tanah suci sebagai kegiatan darmawisata ke luar negeri. Sehingga semua CJH patut menguasai semua petunjuk dan ketentuan yang berhubungan dengan keabsahan haji itu sendiri. 

“Keabsahan ibadah haji ditentukan oleh sejauhmana penguasaan CJH terhadap petunjuk dan ketentuan haji,”ujarnya.

Bupati mengingatkan, seluruh CJH untuk mempersiapkan diri secara matang dan teratur sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji ke tanah suci. Persiapan diri dalam bentuk material maupun ilmu pengetahuan yang diperlukan agar CJH dapat meperoleh gelar.

“Para CJH dituntut untuk selalu memupuk Ukhuwwah Islamiyah dengan seluruh CJH. Baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri, sehingga citra kita akan terkesan baik dan indah dimata kaum muslimin sedunia,” katanya. Bupati mengharapkan, agar semua CJH dapat memperhatikan lima tertib antara lain, tertib ibadah, Kesehatan, makan dan minum, istirahat dan tertib barang.

“Dalam ibadah haji semua CJH diharapkan mengutamakan rukun dan wajib haji pada sunah-sunah lain, menjaga kesehatan selama melak­sanakan ibadah haji, perhatikan ma­kanan dan minum bergizi dan berenergi serta mengkonsumsi buah-buahan segar, manfaatkan waktu istirahat dengan baik, dan bawalah ba­rang-barang yang sangat dibutuh­kan dengan jumlah yang tidak melebihi ketentuan bawaan,”harapnya. (S-36)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon