Pendidikan ›› 6.323 Siswa SMP Ikut UNBK

6.323 Siswa SMP Ikut UNBK


Ambon - Sebanyak 6.323 siswa SMP di Kota Ambon, Senin (22/4) mengikuti, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNKP) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), tahun ajaran 2018/2019.

Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler saat meninjau UNBK di SMPN 2 Ambon menyatakan, ujian nasional merupakan upaya untuk mengukur kemampuan siswa setelah proses belajar selama tiga tahun.

“Ujian nasional merupakan upaya mengukur tingkat kemampuan siswa agar tidak sekedar lulus ujian, tetapi harus lulus dengan mengua­sai seluruh mata pelajaran selama tiga tahun belajar. Oleh karena itu, saya berharap seluruh siswa bisa mengikuti ujian dengan serius,” jelas Hadler

Dikatakan, tahun ini untuk jumlah sekolah yang menyeleng­garakan UNBK di Kota Ambon bertambah menjadi dari 12 sekolah naik menjadi 44 sekolah.

“Kita menerapkan sistem merger dan mandiri, terutama bagi sekolah yang memang fasilitasnya belum lengkap, merger dengan sekolah yang fasilitasnya memadai untuk pelaksanaan UNBK. Sedangkan untuk SMPN 2 fasilitas juga digunakan SMAN 13,” katanya.

SMP di Kota Ambon umumnya, lanjut Hadler, memiliki fasilitas komputer, tetapi belum cukup untuk memfasilitasi seluruh peserta UNBK.

“Satu sekolah dengan peserta ujian sebanyak 60 orang harus memiliki 20 komputer, guna menangani tiga kelompok ujian masing-masing 20 orang setiap dua jam pelaksanaan UNBK,” ujarnya.

Ketika ditanya berapa sekolah yang masih belum UNBK, hadler mengakui, sejauh ini tinggal 12 sekolah yang masih UNKP. Pemkot berharap tahun depan seluruh sekolah harus bisa UNBK.

“Kita berupaya agar pada 2020 seluruh sekolah SMP maupun sederajat di Kota Ambon bisa menerapkan UNBK, caranya bagaimana kita akan bicarakan bersama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Ambon, Gani Suat mengatakan jumlah siswa sekolahnya yang mengikuti UNBK pada 2019 sebanyak 296 orang dan sekolah menyeleng­garakan ujian dalam tiga sesi.

“Kita menyiapkan tiga ruang laboratorium komputer yang di-handle oleh tiga server dan satu server cadangan,” katanya.

Ia menambahkan, murid-murid sekolahnya juga sudah tiga kali mengikuti uji coba ujian. “Kita yakin siswa SMPN2 Ambon akan lulus dengan hasil yang baik,” katanya. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon