Pemerintahan ›› 56 Perda Telah Ditetapkan DPRD Maluku

56 Perda Telah Ditetapkan DPRD Maluku


Ambon - DPRD Maluku dalam periodesasi 2014-2019 telah menetapkan kurang lebih 56 peraturan daerah (Perda) usul pemerintah dearah maupun usul inisiatif DPRD.

"Ada 56 peraturan daerah yang telah ditetapkan dimasa jabatan DPRD Periode 2014 sampai 2019, yang terdiri dari 32 perda usul Pemprov dan 24 perda usul DPRD," jelas Plh Sekretaris Dewan, DPRD Provinsi Maluku, Boedewin Wattimena dalam keterangan pers di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (9/8).

Selain perda, lanjut Wattimena, pada periodesasi yang sama DPRD juga mengeluarkan keputusan DPRD, kepurusan pimpinan DPRD, nota kesepakatan bersama pimpinan DPRD dengan Pemprov, rekomendasi DPRD maupun keputusan-keputusan lainnya.

"Selain perda ada hal lain yang dihasilkan DPRD selama masa jabatan 2014-2019, seperti, 114 buah kepu­tusan DPRD, 25 keputusan pimpinan DPRD, 19 buah nota kesepakatan bersama pimpinan DPRD dengan pemprov, yang dituangkan dalam berita acara, 16 buah rekomendasi DPRD dan pemprov. Dan itu diluar dari produk lain yang dihasilkan DPRD selama periode 2014-2019,” rinci Wattimena.

Wattimena mengakui, selama masa periode tersebut, ada beberapa ranperda yang belum ditetapkan menjadi perda. Alasan belum ditetapkan lantaran sesuai fasilitasi Kemendagri, ranperda tersebut masuk dalam kewenangan Pemerintah Pusat seperti ranperda tentang penyiaran televisi melalui kabel.

Alasan lain juga, kata Wattimena,  sudah adanya hasil fasilitasi namun belum ada pembahasan di Kemendagri, seperti ranperda pemberdayaan masyarakat dalam dan sekitar hutan dan ranperda perlindungan dan peningkatan  kesehatan ibu, bayi dan balita.

Sementara ranperda yang belum ada hasil fasilitasi dari Kemendagri seperti, ranperda tentang rencana pembangunan Industri daerah.

Menurutnya, penetapan perda merupakan bukti kinerja DPRD yang sejauh ini belum diketahui secara luas di masyarakat.

"Ini info penting yang perlu diketahui masyarakat bahwa, dalam masa jabatan ada banyak yang dihasilkan dewan yang mungkin saja selama ini tidak terpublikasi sehingga, masya­rakat menilai apa sih kerja DPRD selama ini. Jawabanya melalui keterangan pers ini sehingga masya­rakat tahu yang DPRD lakukan selama ini,"ungkap Wattimena. (S-45).



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon