Daerah ›› 500 Personil Polri Disiapkan Amankan Malam Takbiran

500 Personil Polri Disiapkan Amankan Malam Takbiran


Ambon - Sebanyak 500 personil kepolisian disiapkan untuk mengamankan perayaan malam takbiran 1435 H di Kota Ambon. Jumlah ini akan dikerahkan usai pengamanan tahapan Pilpres dan Wapres 22 Juli 2014 mendatang.

“Kegiatan-kegiatan kami dalam bulan Ramadhan sampai Idul Fitri memang agak sedikit dan kita kesampingkan karena fokus ke Pilpres. Namun demikian kegiatan rutin sudah kita lakukan dan tetap berjalan termasuk razia. Hanya saja karena ini Pilpres dan nantinya selesai kegiatan Pilpres ini kita akan fokus pada kegiatan bulan suci Ramadhan dan nantinya saat malam takbir, sudah kita koordinasi dengan Polda nanti kita akan turunkan sekitar 500 personil untuk pengamanan kegiatan malam takbir dan kegiatan pada saat Hari Raya Idul fitri,” jelas Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKBP I Dewa Putu Alit Bintang Juliana, kepada Siwalima di ruang kerjanya, Selasa (15/7).

Menurutnya, nantinya usai penetapan hasil Pilpres oleh KPU barulah dilakukan gelar pasukan dalam rangka operasi Ketupat Siwalima.

“Nantinya akan ada gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Siwalima. Itu akan mengacu pada polda dan kita bergabung ke sana. Untuk teknisnya kita akan melakukan kegiatan tersebut. Kemudian terkait dengan malam takbir kita sudah menghimbau kepada Walikota supaya untuk kontrol agar tidak ada pawai-pawai tetapi bagaimana mengakomodir dan menjadikan satu kegiatan yang berguna, Contohnya lomba bedug dan sebagainya agar nuansa keagamaan lebih menonjol bukan kegiatan arak-arakan,’ tandas Bintang.

Mantan Kapolres MTB ini juga berharap agar sesama warga Kota Ambon dan antar umat beragama sama-sama membantu menjaga dituasi Kamtibmas di Kota Ambon memasuki Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk itu kami berharap seluruh umat khususnya umat muslim dan tokoh-tokoh umat muslim untuk menghimbau agar tidak lagi melakukan konvoi seperti tahun-tahun lalu. Kita mengarahkan sifatnya lebih keagamaan melalui perlombaan sehingga nuansa keagamaan bisa terasa di tahun ini,” kata Bintang.(S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon