Politik ›› Berbagai Alasan, 36 Persen Pemilih di Kecamatan Sirimau Golput

Berbagai Alasan, 36 Persen Pemilih di Kecamatan Sirimau Golput


Ambon - Sebanyak 36 persen pemilih di Kecamatan Sirimau memilih golput saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku  11 Juni lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua PPK Sirimau Safrudyn Layn kepada Siwalima di Ambon Jumat, (14/6).

Dikatakan, sesuai hasil data yang dihimpun di dilapangan ternyata terdapat 36 persen pemilih tidak ikut memilih atau golput.

“Jadi sekitar 36 persen tidak ikut memilih atau golput tersebut karena sebagian penduduk pindah tempat tinggal, ada yang tidak memilih dengan berbagai alasan, dan juga partai politik mungkin tidak memberikan pencerahan bagi masyarakat enggan menyuarakan hal pilih mereka di TPS,” katanya.

Selain itu, Layn juga menjelaskan, tingkat kesadaran masyarakat saat mencoblos juga sudah sangat tinggi yang dibuktikan jumlah surat suara tidak sah hanya sedikit.

“Dari 64 persen pemilih yang datang mencoblos itu ternyata tingkat pemahaman mereka semakin tinggi. Dibuktikan dengan jumlah surat suara yang tidak sah ternyata sedikit, suara yang rusak juga sedikit, sehingga tingkat kesadaran pemilih untuk mencoblos dengan benar itu sudah membaik,” jelansya.(Cr-1)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon