Pendidikan ›› 336 Sarjana UKIM Diwisudakan

336 Sarjana UKIM Diwisudakan


Ambon - Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) pada periode II Tahun 2017  mewisudakan sebanyak 336 sarjana. Acara wisuda Sarjana, Diploma dan Pascasarjana UKIM tersebut berlangsung di Christen Center, Sabtu (11/11).

Dari 336 wisudawan tersebut terdiri, dari Fakultas Teologi, Program Studi Ilmu Teologi sebanyak 31 orang, PAK dan Magister Teologi 4 orang. Fakultas Teknik, Prodi Teknik Sipil 24 orang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial  27 orang, Ilmu Komunikasi 6 orang, Fakultas Ekonomi Prodi Ekonomi Pembangunan 10 orang, Prodi Manajemen 38 orang, Prodi Keuangan dan Perbankan 12 orang, Prodi Akuntansi 5 orang. Fakultas Kesehatan Prodi Kesehatan Masyarakat 28 orang dan Ilmu Keperawatan 143 orang.

Rektor UKIM Pendeta Cornelis Adolf Alyona mengatakan, 336 lulusan itu menandakan bahwa UKIM senantiasa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dibidang Tridharma Perguruan Tinggi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

“Wisuda periode ini tentu amat bermakna untuk kita semua, wisuda­-wan dan keluarga, pemerintah dan masyarakat, karena UKIM telah mem-bentuk mereka menjadi insan terdidik, berakhalak dan beradab untuk mema-suki masa depan dengan seperangkat ilmu sesuai keahlian,” ujarnya.

Dikatakan, untuk pertama kalinya di lingkungan Kopertis Wilayah XII Maluku, Maluku Utara, para wisudawan UKIM periode II tahun ini memperoleh Penomoran Ijazah Nasional (PIN). Selain itu untuk pertama kalinya program studi Ilmu Komunikasi FISIP menghasilkan enam lulusannya dan program studi ilmu akuntansi Fakultas Ekonomi menghasilkan lima lulusannya.

Untuk Dharma Pendidikan dan Pengajaran, UKIM sementara berusaha menghasilkan kurikulum Perguruan Tinggi (PT) berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

“Saya ajak semua tenaga pendidik dan kependidikan, untuk terus tingkatkan kinerja agar tetap unggul di negeri kepulauan ini. Dharma penelitian terus ditingkatkan agar unggul dengan mencapai cluster yang lebih tinggi karena akan sangat membantu UKIM ke depan,” pintanya.

Dijelaskan, tema yang diangkat kali ini “Mengembangkan Mutu UKIM di Negeri Kepulauan”, semata-mata agar UKIM tetap unggul, maka dibutuhkan tiga rambu, yakni the best among others, the best of me or us dan the best for others.

Sementara itu, Gubernur Maluku Said Assagaff dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Frona Koedoeboen mengatakan, wisudawan sebagai output yang dihasilkan oleh UKIM merupakan persiapan bagi ketersedian sumber daya manusia di Maluku.

“Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) serta adanya pengelolaan blok Masela, maka output ini merupakan persiapan SDM di Maluku,” ujarnya.

Ditambahkan, Pemda juga kini telah menyiapkan beasiswa bagi anak-anak Maluku. Ini semua merupakan upaya pemerintah bagi ketersedian SDM yang mampu berdaya saing di era global sekarang ini. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon