Olahraga ›› 30 Negara Ikut Tour De Mollucas

30 Negara Ikut Tour De Mollucas


Ambon - Event bergengsi Tour de Moluccas (Td­M), yang akan di­laksanakan di Ma­luku 14-22 September 2017 direncana­kan akan diikuti 100 pembalap dari 30 negara.

Hal ini disampaikan oleh Kabag Hu­mas Setda Maluku, Bobby Pa­lapia kepada Siwalima di Kantor Gubernur, Rabu (18/1).

Menurutnya, Pemprov Maluku akan menyelenggarakan balap sepe­da tingkat dunia pada 14 – 22 September 2017 dengan nama Tour de Molu­ccas (TdM). Direncanakan, total pe­serta maupun kru pendukung menca­pai 700 orang. “Para pembalap dan tim yang turut serta dalam TdM adalah pe­balap yang lazim mengikuti kejua­raan balap sepeda profesional yang tercatat dalam kalender badan sepeda dunia  atau Union Cycliste Internatio­nale (UCI) dari divisi II dan III,” katanya.

UCI dan PB ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) telah menyata­kan dukungan terhadap penyeleng­garaan TdM yang akan melintasi Pulau Seram dan rencananya start dari Kota Piru me­nuju Kota Masohi (etape I) dan selan­jutnya transfer ke Sawai, Sawai-Bula (etape II), Bula-Wahai (etape III) dan etape terakhir (IV) Liang-Ambon,  finish di La­pangan Merdeka kota Ambon.

Penyelenggaraan TdM itu sendiri diupayakan oleh Gubernur Maluku Said Assagaff didukung jajaran Pemprov Maluku, Pemkot Kota Ambon, Pemkab SBB, Pemkab Malteng dan Pemkab SBT sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan priwisata Maluku kepada dunia.

“Dengan demikian, penyeleng­garaan TdM merupakan event pari­wisata atau lazim disebut sebagai sport tourism, kegiatan pariwisata yang ber­basis olahraga.  Persiapan TdM telah disiapkan sejak April 2016. Gubernur Maluku telah meminta dukungan para bupati di Pulau Seram termasuk Walikota Ambon dan masing-masing telah menyatakan komitmen untuk menyediakan anggaran. Pihak DPRD Provinsi Maluku dan DPRD masing-masing daerah juga telah menyata­kan dukungannya,” ungkap­nya.

Dikatakan, nantinya, Kamis (19/1) akan ada Momerandum of Understanding di ruang Sekda Maluku, antara pemerintah daerah dengan Union Cycliste Internationale (UCI) dan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) terkait dengan event ini. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon