Politik ›› 300 Relawan Dikerahkan Lipat 1 Juta Surat Suara

300 Relawan Dikerahkan Lipat 1 Juta Surat Suara


Ambon - Menjelang perhelatan Pemilu Legis­latif 9 April, KPU Kota Ambon saat ini mengerahkan 300 relawan untuk melipat surat suara.

Proses pelipatan surat suara dipu­sat­kan di Sport Hall Karang Panjang, Ambon, sejak Senin (3/3). Diprediksi proses pelipatan akan tuntas Sabtu (8/3).

Jumlah surat suara yang diterima KPU Kota Ambon sebanyak 1.056.604 lembar yang akan diperuntukan untuk tingkatan pemilihan DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR dan DPD.

Ketua Divisi Logistik KPU Kota Ambon Iriane Pontoh kepada Siwalima di Sport Hall Karang Panjang, Selasa (4/3) menjelaskan pihaknya menargetkan proses pelipatan akan tuntas Sabtu (8/3) sehingga tenaga pelipat yang dikerahkan mencapai 300 orang.

“Kita kerahkan tenaga pelipat yang mencapai 300 orang yang berasal dari berbagai latar belakang masyarakat karena kita targetkan proses pelipatan akan tuntas Sabtu (8/3),” jelasnya.

Menurutnya, di hari pertama proses pelipatan pihaknya hanya menge­rah­kan 200 tenaga pelipat, namun dihari ke­dua Selasa (4/3) jumlahnya diting­katkan menjadi 300 tenaga pelipat.

“Adanya peningkatan jumlah tenaga pelipat ini karena jumlah kertas suara yang begitu banyak sebab jika sedikit tenaga pelipat maka akan memakan waktu yang lama karena setelah dilakukan pelipatan maka akan dilanjutkan dengan pengecekan kembali dan disortir sebelum didistri­busikan sehingga kita meminta penambahan jumlah tenaga pelipat,” ungkapnya

Pontoh juga mengatakan, setiap tenaga pelipat dibayar Rp 200/lembar surat suara.

Hingga Selasa (4/3), kertas suara yang sudah selesai dihitung hanylah untuk tingkatan pemilihan DPR sebanyak 263.149 lembar sedangkan yang sementara dilakukan pelipatan adalah surat suara DPD.

“Setelah kita periksa dan koreksi ternyata ditemukan ada 39 surat suara DPR yang mengalami kerusakan namun itu belum final karena nanti akan dikoreksi kembali jangan sampai masih dapat digunakan,” jelas Pontoh.(S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon