Politik ›› 25 Mei, Logistik Pilkada Harus Terdistribusi

25 Mei, Logistik Pilkada Harus Terdistribusi


Ambon - Gubernur Maluku KA Ralahalu menegaskan seluruh logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur, harus terdistribusi ke semua kabupaten/kota pada 25 Mei nanti.
Kepada wartawan usai pem­bukaan kampanye Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2013-2018, yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Rabu (22/5), Ralahalu menegaskan tidak ada alasan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku untuk terlambat disalurkan.

Apalagi kata Ralahalu, pihaknya sudah menyiapkan sarana transpor­tasi laut yakni kapal baik itu milik pemerintah maupun swasta untuk mendistribusi logistik pilkada ke kabupaten/kota di Maluku.

Bahkan katanya, KM Siwalima milik Pemprov Maluku pun disiaga­kan untuk kondisi emergency jika diperlukan guna membawa kebutu­han-kebutuhan saat proses pencob­losan nanti pada 11 Juni mendatang apabila minim transportasi.

“Nanti pada tanggal 25 Mei semua logistik sudah tiba di kabupaten/kota, sehingga dari tanggal  tersebut sampai 1 Juni sudah berada di kecamatan-kecamatan dan dari kecamatan ke desa maupun TPS mulai didistribusi paling lambat 9 Juni,” kata Ralahalu.

Diakuinya dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan tersebut, tugas pemerintah memfasilitas KPU, Bawaslu, maupun aparat keamanan dengan dana yang cukup besar agar seluruh tahapan dapat berjalan dengan adil jujur, aman,  dan lancar serta berkualitas.

Apalagi, pemerintah tidak men­cam­puri seluruh proses demokrasi untuk memilih pemimpin lima tahun ke depan sebab merupakan domain­nya dari KPU dan Bawaslu.

“Pemerintah punya tanggung jawab untuk memfasilitasi dan juga  menjaga ketertiban, keamanan serta memastikan  Pilkada Maluku berjalan sesuai agenda pada 11 Juni  men­datang,” tukasnya

Sementara itu Ketua KPU Maluku Idrus Tahutey yang dikonfirmasi war­tawan mengatakan, lembaga pe­nye­lenggara pemilu yang dipimpin­nya tersebut telah mendistribusikan logis­tik ke tiga wilayah, masing-ma­sing Kabupaten Maluku Teng­gara, Kota Tual dan Maluku Tenggara Barat.

“Memang yang kita rencana wilayah-wilayah yang jauh. Kemu­dian nanti besok  Kapal Maloli akan membawa logistik untuk kabupaten Maluku Barat Daya. Tiga kabupaten di Pulau Seram akan diangkut dengan mobil truck dalam satu atau dua hari ini. Untuk  Aru diren­canakan tadi (kemarin-red) dengan kapal laut. Untuk  Kabupa­ten Buru dan Buru Selatan akan kita gunakan  juga fasilitas kapal atau meng­gunakan truck dengan Kapal Motor Penyeberangan. Kalaupun ti­dak ada transportasi maka akan gunakan KM Siwalima,” bebernya.

Tatuhey memastikan logistik akan terdistribusi paling lambat 25-26 Mei mendatang karena tidak ada masa­lah dalam penyalurannya. (S-34)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon