Daerah ›› 17 Layanan Publik Ambon Masuk Kategori Terbaik BKB Juara Zona Timur

17 Layanan Publik Ambon Masuk Kategori Terbaik


Jakarta - Ombudsman menganugerahi sertifikat pelayanan publik kepada Pemkot Ambon setelah 17 layanan masuk kategori terbaik.

Penghargaan berupa sertifikat itu diberikan kepada pemerintah, instansi vertikal, lembaga negara pemerintah kabupaten dan kota di seluruhindonesia oleh Ketua Ombudsman Danang Girindrawardana di Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu (16/12).

Khusus di Pemkot Ambon, ter­dapat 56 layanan publik yang dinilai oleh Ombudsman. Hasilnya 17 SKPD masuk kategori patuh baik (zona hijau), 26 patuh sedang (zona kuning), dan 13 patuh rendah (zona merah). Sebelumnya di tahun 2013 hanya 2 layanan pubik yang men­dapatkan kategori patuh baik.

Walikota Ambon Richard Lou­henapessy kepada wartawan usai menerima penghargaan berupa serti­fikat mengakui penghargaan yang diberikan merupakan bentuk per­hatian pemerintah pusat terhadap hasil kerja pemerintah dalam mem­berikan pelayanan kepada masya­rakat.

“Jadi ada peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat dari waktu ke waktu terus dilakukan pemerintah demi memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Walikota untuk memba­ngun fondasi tata kelola pelayanan publik yang berkualitas memang tidak serta merta terjadi begitu saja dan dalam waktunya singkat.

“Pemerintah menyadari masih banyak pekerjaan rumah yang harus di kerjakan dan dengan penghar­gaan ini akan menjadi bahan eva­luasi pemerintah terhadap apa yang dilakukan selama ini,” ungkapnya.

Dijelaskan, tata kelola pelayanan publik harus berkualitas sehingga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

Sementara itu Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana me­ngaku sesuai dengan UU nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik maka semua pelayanan publik harus sesuai standar yang sudah ditetapkan.

“Kami sangat berharap beberapa tahun kedepan semua pelayanan publik kementerian, lembaga, insta­lasi vertikal, pemprov, pemkab dan pemkot sudah bisa mencapai 100 persen,” ungkapnya.

Dijelaskan, pelayanan publik lewat pemenuhan standar untuk menentukan kepercayaan publik kepada pemerintah.

“Untuk itu pimpinan daerah, lembaga, instalasi vertikal dapat memberikan saksi kepada unit kerja yang tidak memberikan pelayanan publik sesuai standar,” jelasnya.

Ditambahkan tahun 2015 Ombudsman melakukan penelitian tingkat kepatuhan terhadap peme­nuhan standar pelayanan publik sebanyak 184 sampel yakni 22 kementerian, 15 lembaga, 33 provinsi dan 114 kabupaten/kota.

“Penghargaan yang diberikan bukan sebuah penghakiman terha­dap unit pelayanan kerja tetapi men­jadi potret kepatuhan yang mesti di sikapi dalam upaya perbaikan pela­yanan publik,” ujarnya.

Juara Zona Timur

Sementara itu, Pengelola kelom­pok Bina Keluarga Balita (BKB) Kota Ambon berhasil meraih gelar juara dua Lomba Pengelola dan BKB yang diselenggarakan oleh BKKBN untuk memperingati Hari Ibu ke-87.

Penghargaan ini diberikan bagi BKB yang berhasil mendidik generasi muda dan keluarga di semua daerah baik kota/kabupaten dan provinsi termasuk Maluku yang diwakili Kota Ambon.

Penyerahan penghargaan ini diterima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ambon Debby Louhenapessy dari Kepala BKKBN Surya Chandra di kantor BKKBN Pusat, Jakarta, Kamis (17/12).

Sesuai dengan surat keputusan dewan juri Nomor 650/i/KS.00/71/2015 tentang kelompok pengelola memutuskan ada dua zona yang dilombakan yakni zona barat dan timur.

Untuk zona timur juara 1 diraih oleh BKB Hayat Ceria dari Provinsi Kalimantan Tengah, juara 2 BKB Kasih Ibu (Provinsi Maluku) dan juara 3 BKB Antara Senggang (Provinsi Sulawesi Tengah).

Untuk zona barat juara 1 oleh BKB Melati (Provinsi Jawa Tengah), juara 2 BKB Roudhotul Alfa (Provinsi Jawa Barat) dan juara 3 BKB Pelita Hati (Provinsi Riau).

Juara dari kedua zona ini selanjutnya akan mengikuti seleksi dari juri untuk menentukan yang terbaik di seluruh Indonesia melalui presentase yang akan diselengga­rakan di Kupang, 22 Desember mendatang. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon