Gaya Hidup ›› 140 Personil Korem Ikut Tes HIV/ AIDS

140 Personil Korem Ikut Tes HIV/ AIDS


Ambon - Sebanyak 140 personil Korem 151/Binaiya diambil sempel darahnya oleh tim pemeriksa HIV/AIDS dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku. Pengambilan darah yang dila­kukan oleh tim dokter berlang­sung di Aula Makorem 151/Binaiya pada Rabu (19/3).

Kegiatan tersebut didukung tiga dokter dan sembilan perawat dari dinas Kesehatan daerah didampingi oleh Myr Ckm Erri Purwanto yang sehari-harinya menjabat sebagai Kasi Kesprev  Kesdam XVI/Patti­mura.

Myr Ckm Erri Purwanto menje­laskan, Tes HIV tersebut, bukan hanya mengambil sampel darah saja namun juga dilakukan konseling kepada para prajurit untuk menge­tahui tingkat resiko infeksi dari perilaku selama ini dan bagaimana nantinya harus bersikap setelah mengetahui hasil tes  tersebut. Tes HIV  ini merupakan kerja sama yang dijalin oleh Dinas Kesehatan dengan Kodam XVI/Pattimura.

“Nantinya seluruh satuan akan didatangi oleh Tim ini, sementara yang sudah diambil sampel darahn­ya adalah Rindam XVI/Pattimura, Denkav 5/Pattimura dan hari ini Korem 151/Binaiya, kemudian berlanjut ke satuan lain,” ujarnya.

Perlu diketahui juga, bahwa para unsur Komandan satuan sudah diambil sampel darahnya ketika pelaksanaan Apel Dansat tersebar Tahun 2014 yang  berlangsung belum lama ini di Rindam XVI/Pattimura, Suli.

Pemeriksaan HIV dan AIDS yang dilakukan oleh dinas kesehatan daerah patut di apresiasi, karena kondisi terkini perkembangan virus HIV dan Aids di Maluku cukup mengkhawatirkan.

Bahkan, menurut tim dokter dari dinas kesehatan daerah yang datang ke Korem 151/Binaiya, orang yang terinfeksi virus HIV di Maluku menurut perbandingan jumlah penduduk dengan provinsi lain berada di nomor urut enam (data tahun 2013) yang tertinggi Provinsi Papua.

Sehingga dengan adanya peme­riksaan HIV/AIDS ini akan diketahui apakah prajurit Korem 151/Binaiya ada yang terinfeksi atau tidak

“Kalau ditemukan ada prajurit yang terinveksi HIV akan segara dilakukan upaya pengobatan secara rutin dan periksaan berkala agar prajurit yang terinfeksi virus HIV bisa tetap melaksanakan tugasnya sehari-hari,” katanya.(S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon