Kesra ›› 10.886 Warga SBT Terdaftar Sebagai Peserta Jamkesda

10.886 Warga SBT Terdaftar Sebagai Peserta Jamkesda


Ambon - Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur punya komitmen terhadap pembangunan kesehatan di daerahnya. Itu terbukti dimana terjadi peningkatan dari jumlah peserta Jamkesda, sehingga total warga SBT yang saat ini terdaftar sebanyak 10.886 jiwa.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Rahmad Asri Ritonga mengaku, pada tahun 2016 jumlah warga SBT yang terdaftar sebanyak 4.889 jiwa kemudian ditahun ini ditambah lagi 5.0997 jiwa sehingga total keseluruhannya saat ini 10.886 jiwa.

“Ini bukti bahwa Pemkab SBT punya komitmen terhadap pembangunan kesehatan di daerahnya,” tandas Ritonga dalam sambutannya saat penandatanganan perjanjian kerjasama integrasi Jamkesda dengan Pemkab SBT di Amaris Hotel, Selasa (2/5).

Menurutnya dengan jumlah peserta sebanyak ini maka Pemkab SBT merupakan daerah terbesar kedua di Provinsi Maluku yang warganya terdaftar sebagai peserta Jamkesda setelah Kota Tual.

“Saya berharap peserta Jamkesda SBT akan lebih banyak lagi dari Kota Tual. Untuk wujudkan itu dibutuhkan komitmen bersama,” ujarnya.

Dijelaskan, berdasarkan data BPS, jumlah penduduk yang tercatat sampai tahun 2016 sekitar 9.0397 penduduk, namun data ini akan lebih besar kalau berdasarkan data Dusdukcapil. Jika data ini yang di pakai untuk SBT maka,   82% sudah warga disana terdaftar dan ini cukup besar untuk wilayah timur. Peserta JKN yang ada di SBT juga lebih besar dari cakupan angka di  Maluku yaitu 68% pesrta JKN, sebab di SBT sendiri sudah mencapai 77%.

Sementara itu Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas menambahkan, perjanjian kerjasama ini merupakan wujud dari Pemkab SBT mendukung program pempus yang mengharapkan semua masyarakat terdaftar di BPJS kesehatan.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan perjanjian ini, sudah berjalan selama 2 tahun, ini merupakan pernyataan atau visi dan misi kami untuk berikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pelayanan BPJS Kesehatan di Kabupaten SBT maka, masyarakat SBT bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik, walaupun disadari bahwa untuk fasilitas kesehatahan dan tenaga medis di SBT masih minim, namun Pemkab SBT akan tetap berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakatnya. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon